KabariNews – Pertarungan Chris John melawan petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez, diprediksi berlangsung seru. Gelar juara dunia kelas bulu versi WBA yang dipegang Chris John, akan menjadi taruhan melawan Rocky Juarez.

Chris John sudah 11 kali mempertahankan gelar juara dunianya sejak 2003 silam, gelar ini direbutnya dari petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali.

Dari statistik, rekor bertanding Cris John lebih baik dari Rocky Juarez.Chris John kini mencatat rekor 42 kemenangan dengan 22 di antaranya dengan KO dan belum pernah kalah. Sementara Rocky Juarez,  32 kali naik ring dan meraih 28 kemenangan (KO 20) serta empat kali kalah.

Meski begitu, catatan KO yang ditoreh Juarez dengan jumlah pertandingan yang ‘cuma’ 32 kali, cukup mengerikan, yakni 62 %. Dan Chris John mesti ekstra waspada dengan pukulan tangan kiri Juarez yang mematikan. Juarez juga petinju bertipikal Fighter yang tentu tak mau menyerah begitu saja. Di sisi lain, Chris John dikenal sebagai petinju yang tak memiiliki Killing Punch, meski punya teknik dan stamina yang bagus.

Dari segi postur tubuh,  keduanya tidak jauh berbeda, sehingga memungkinkan Chris John melancarkan berbagai taktik. “Saya harus dapat melancarkan serangan baik saat kondisi rapat atau jauh, sebab postur tubuh dan jangkauan pukulan kami tidak jauh berbeda,” ucapnya.

Selama di Amerika Serikat, petinju Indonesia yang dijuluki “The Dragon” ini berlatih di Lopez Boxing Gym, Texas. Sementara soal cuaca dingin yang mencapai 12-15 derajat celcius, kubu Cris John mengaku tak jadi masalah.

Pertandingan Chris John vs Rocky Juarez akan digelar pada 28 Februari 2009 di Toyota Center, Texas, Amerika Serikat.

Menurut pemantauan, tiket pertandingan tersebut sudah terjual habis dalam waktu tiga pekan saja. Harga tiket pertandingan tersebut dijual mulai US$ 25 sampai US$ 300.

Pertandingan Chris John di Amerika Serikat merupakan pertandingannya yang pertama kalinya, sebelumnya Chris John bertanding tandang keluar negeri saat ke Australia dan Jepang.

“Dukungan rakyat Indonesia di tanah air dan yang tinggal di Amerika Serikat menjadi pendorong saya untuk dapat memenangkan pertandingan ini.” tambahnya.

Chris john mengaku, Juarez merupakan lawan yang kuat, namun pertandingan sesungguhnya baru akan terlihat di atas ring.