Serangga seperti semut, kecoa, nyamuk dan lalat memang sangat menggangu. Rumah terkesan kotor jika kehadiran serangga-serangga menyebalkan itu mulai berdatangan. Bagaimana mengatasinya?

Sebenarnya banyak cara untuk membebaskan rumah dari gangguan serangga. Anda hanya perlu lebih tertib dalam meletakaan bahan makanan atau sisa makanan agar tidak mengundang serangga mampir.  Jangan biarkan makanan berserakan. Bersihkan setiap sisa makanan atau noda pada alat masak di dapur. Untuk gangguan semut, bersihkan setiap bahan manis berceceran agar tak mengundang kawanan semut.

Agar rumah terbebas dari nyamuk, usahakan jangan menampung air. Buang setiap genangan air yang ada di rumah. Jika ada pipa air yang bocor, segeralah perbaiki, karena genangan air bisa menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk serta mengundang serangga lainnya. Lalat memang menjijikan, apalagi berterbangan di dapur, untuk mengatasinya bersihkan sampah karena tumpukan sampah menjadi tempat bersarangnya lalat sekaligus menjadi tempat  berkembang biak.

Tutup jalur serangga

Mencegah serangga bersarang di dalam rumah tidak hanya membereskan hal-hal yang memancingnya datang, tapi Anda juga harus memastikan tidak ada lagi lubang atau celah untuk keluar masuk serangga. Semut, kecoa kerap kali mudah masuk rumah, untuk mengatasinya gunakan bubuk atau kapur anti serangga di sekitar lubang atau celah yang diduga menjadi tempat keluar masuknya serangga.

Jaring laba-laba juga kerap menggangu. Biasanya laba-laba membuat kotor sudut-sudut rumah dengan jaringnya. Rumah terkesan kotor dan tak terawat jika nampak jaring laba-laba muncul. Segeralah bersihkan dengan penyedot debu, lalu buang isi dalam kantong penyedot debu ke kantong sampah, ikat rapat sebelum membuangnya.

Anda jengkel dengan rayap? Serangga pemakan kayu ini memang menyebalkan karena bisa merusak perabotan rumah seperti lemari, meja, kursi dan semua benda yang berbahan kayu. Celakanya, jika sudah disambangi rayap, benda tersebut nyaris tidak terselamatkan. Segera bersihkan benda yang terkena rayap di luar rumah, dan jangan biarkan menyebar ke benda lain. Buang semua kotoran hasil rayap, dan basmi rayap dengan cairan anti rayap. Jika Anda tidak cukup piawai untuk membersihkannya, segeralah panggil tenaga ahli untuk membantu mengatasi rayap agar tidak menyebar ke benda lainnya.

Usahakan jangan menggunakan semprotan anti serangga untuk mengusir nyamuk, lalat dan kecoa. Karena selain berbahaya bagi anak-anak, serangga yang terkena cairan dan masih bisa berkeliaran sebelum mati, dan dalam hitungan detik juga bisa menyebarkan ‘racun’ ke seluruh ruangan. Lebih teliti menggunakan pestisida di rumah, menghindarkan anak-anak dari bahaya racunnya. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53796

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :