KabariNews – Akses internet cepat di Wilayah Teluk mengalami kemajuan pesat pada hari Rabu dengan peluncuran luas internet super cepat Comcast yang bisa mengunduh data pada taraf satu gigabit-per-detik.

Comcast, provider koneksi terbesar di Amerika Serikat dan salah satu dari yang terbesar di Wilayah Teluk, tengah menyediakan internet gigabit kepada 4 juta rumah di wilayah tersebut pada $159,59 per bulan tanpa kontrak, sekitar $90 lebih dari kecepatan internet tingkat atas terkini pada 250 megabit per detik.

Perusahaan lain telah menawarkan internet gigabit ke bagian-bagian Wilayah Teluk termasuk Sonic dan AT&T.

Peluncuran internet berkecepatan tinggi di Wilayah Teluk telah terhalang oleh rintangan-rintangan yang mencakup biaya trenching, atau penggalian rute di mana aliran serat optik akan ditempatkan untuk menyediakan internet. Comcast bekerja seputar tantangan tersebut dengan menyesuaikan jalur komunikasi yang sudah ada untuk menyediakan akses internet.

Akan terdapat batas data 1-terabit pada internet gigabit yang kurang dari 1 persen pelanggan dapat tembus, ucap Comcast. Pelanggan yang khawatir akan melebihi batas tersebut dapat membayar $50 per bulan untuk data tak terbatas.

Pelanggan juga akan perlu untuk menyewa modem dari Comcast sebesar $10 per bulan untuk kecepatan tinggi baru atau menggunakan DOCSIS 3.1 milik sendiri sebagai peranti yang sesuai.

Teknologi DOCSIS 3.1, yang merupakan singkatan dari Data Over Cable Service Interface Specification (Spesifikasi Antarmuka Data Melalui Servis Kabel), adalah yang memungkinkan jalur kabel yang sudah ada untuk memancarkan internet super cepat tersebut.