KabariNews – Menyambut visi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) untuk mengembangkan ASEAN menjadi kawasan dengan perdagangan barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal yang lebih bebas pada tahun 2020, Asean Youth Creative Industry Fair (AYCIF) mengusung tema “Seizing Opportunities Within Harmony”.

“Kami mengajak seluruh generasi muda ASEAN yang berkiprah dalam industry kreatif untuk saling menginspirasi dan mengembangkan potensi diri melalui ajang ini. AYCIF bercita-cita menjadi dasar untuk perwujudan harmoni dan kerja sama dalam melihat peluang yang ada. Agar kedepannya ASEAN dapat menjadi salah satu kawasan terdepan di dunia dalam sektor industri kreatif.” ucap Eugenia Mardanugraha, Kepala UKM Center FEUI yang adalah pelaksana dari AYCIF 2015.

Gilang Ageng Sulistyo (Project Director of ASEAN Youth Creaive Industry Fair), Angga Sasongko (Movie Expert), Ibu. Eugenia Mardranugraha (Kepala UKM Center FEUI), Andi Suryanto (Games Expert), Prieyo Pratomo (Craft Expert)

Gilang Ageng Sulistyo (Project Director of ASEAN Youth Creaive Industry Fair), Angga Sasongko (Movie Expert), Ibu. Eugenia Mardranugraha (Kepala UKM Center FEUI), Andi Suryanto (Games Expert), Prieyo Pratomo (Craft Expert)

Sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan AYCIF, pada konferensi pers hari ini juga resmi dibuka pendaftaran untuk Creativepreneur Competition. Hingga akhir Mei 2015, kompetisi ini mengundang pelaku industri kreatif muda berusia 18-35 tahun di Asia Tenggara dan Jepang untuk berpartisipasi untuk dapat menunjukkan karya terbaiknya kepada praktisi dan ahli industri kreatif serta masyarakat ASEAN dan Jepang.

Kompetisi ini akan dibagi dalam 4 (empat) kategori berdasarkan sub-sektor dalam industri kreatif, yakni;

  1. Fashion
  2. Craft & Product Design
  3. Games & Applications
  4. Movie & Animation.

“Melalui ajang internasional seperti AYCIF, ide, inovasi serta kreatifitas pelaku industry kreatif akan  dapat terus diasah dan diuji. Para sineas, desainer, atau game developer muda akan punya media untuk berekspresi dan berjejaring dengan sesamanya.  Ini langkah awal yang baik untuk membangun sinergi dalam generasi muda industry kreatif.”, ujar Angga Sasongko, sineas Indonesia yang akan menjadi salah satu Dewan Juri dalam CreativePreneur Competition untuk sub-sektor Movie & Animation ini.

Sebanyak maksimal 17 finalis akan dipilih dari masing-masing sub-sektor untuk diterbangkan ke Jakarta untuk pagelaran utama AYCIF pada bulan Agustus! 2015. Pemenang dari masing-masing sub-sektor akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan 6 bulan pendampingan dan sesi konsultasi dengan para praktisi ahli dibidangnya.

Puncak acara AYCIF akan diselenggarakan pada tanggal 29-30 Agustus 2015 di Kawasan Kota Tua, DKI Jakarta. Acara ini akan diisi dengan seminar dan workshop internasional seputar industri kreatif, eksibisi dari finalis masing-masing sub-sektor berupa; fashion show, percobaan games & applications, craft making, serta pemutaran film. Juga pertunjukan seni & musik, dan Creative bazaar yang akan mengetengahkan pelaku industry kreatif se-Asia Tenggara.

POSTER-AYCIF-COMP

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75157

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah

 

 

 

 

kabari store pic 1