KabariNews – Imlek hari spesial yang disambut dengan suka cita dan keceriaan. Salah satunya, mengenakan busana cheongsam dengan warna merah yang terang. Desainer muda berbakat Yosep Sinudarsono pun tak menyia-nyiakan momen ini. Tilik saja, karya untuk Imlek bertema La Vie yang dipamerkan di Hotel Gran Mahakam, Jakarta beberapa waktu lalu.

Koleksi Busana Karya Yosep SinudarsonoCheongsam sejatinya merupakan busana tradisional wanita China atau Tionghoa yang dikenakan pada hari keriaan, seperti Imlek. Desainer Josep melihat busana ini sangat bisa dimodifikasi dan diintepretasikan. Desainer dapat menginterpretasikan busana Cheongsamnya sendiri, tanpa meninggalkan tradisi yang salah satunya adalah penerapan warna merah. Tren busana Cheongsam, Josep melihat perkembangan busana Cheongsam sekarang lebih beragam, seperti adanya cutting yang berani, dan lucu-lucu.

La Vie diunggah menjadi tema koleksi desain Yosep Sinudarsono untuk Imlek tahun ini, yang terinspirasi dari perjalanan hidup anak manusia. Karyanya terdiri dari color range berbeda, mulai dari merah, putih hingga marun dan hitam. Sedangkan untuk mengekspresikan alur kehidupan, ia mengadopsi ungkapan yang menyatakan, hari kemarin merupakan sejarah, sedangkan esok adalah sebuah gift atau karunia.

“Untuk visualisasinya, saya mengambil embrio dari Negeri China tentang kemarin yang merupakan sejarah, sedangkan gift berupa origami berbentuk pita-pita,” tutur Yosep.

 

 

Koleksi Busana Karya Yosep Sinudarsono-1Untuk itulah, Yosep bermain dalam cutting, membentuk siluet tubuh, origami pita dan lipitan kain membentuk pita. Payet juga digunakan olehnya untuk menambah keanggunan pada busana cheongsam dengan kerah yang khas. Untuk menguatkan feminitas dan keanggunan seorang perempuan, busana Imlek dibuatnya dari bermacam material sutera, seperti duchess silk, chiffon silk, dan Thai silk.

Bagaimana dengan warna busana? Haruskah identik dengan merah saja? Yosep memaparkan, warna merah tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena itu warna merah yang mentradisi pada busana Tionghoa tak dapat ditinggalkan. Ia juga menampilkan busana Imlek dalam warna yang lain, seperti cokelat, maron, dan abu-abu.

Desainer muda yang karyanya sudah dipakai oleh artis Hollywood ini memiliki tip khusus bagaimana mengenakan busana Cheongsam. Katanya, selain bergantung pada selera dari masing-masing kita, baju Cheongsam sebaiknya dipilih sesuai postur tubuh. Misalnya, wanita dengan pinggul besar, dia harus mengerti kelemahan dirinya dan tahu bagaimana cara menutupinya dengan menggunakan busana Cheongsam yang baik dan benar.

“Jangan mengukuti tren. Cukup mengerti saja, tetapi yang terpenting adalah mengerti kelemahan tubuhnya di mana,” kata lulusan ESMOD dan Lembaga Tata Busana Susan Budiharjo ini.

Konsep Keseharian

yosep sinudarsonoDesainer asal Semarang ini mengejar mimpinya sebagai desainer top Indonesia dengan hijrah ke Jakarta. Setiap pakaian, baginya, merupakan karya seni. Ia menginginkan setiap wanita dapat merasa cantik setiap menggunakan gaun karya rancangannya. Di usianya yang baru menginjak 20 tahunan, dia membuka brandclothing yang diberi nama Lotuz pada tahun 2013, bersama rekannya bernama Michele.

Dalam brand busananya tersebut, dia mengumpamakannya seperti bunga teratai atau Lotus yang mudah beradaptasi dengan kondisi atau situasi apa pun. Penekanan pada konsep busana yang Yosep tawarkan bersifat daily atau keseharian. “_day to night_ sifatnya. Jadi, satu hari dapat menggunakan satu busana saja. Busana yang dikenakan pada pagi hari juga dapat dipakai pada malam hari atau saat sedang menghadiri suatu event,” lanjutnya.

Kini Yosep Sinudarsono membuka showroom di Jakarta, yakni di Grand Indonesia, shopee33.com, gnossem.com, dan Trixillini Singapura. Karya busananya juga dikirim ke agensi PR Brooklyn LA untuk didistribusikan di Amerika Serikat. Agaknya pencapaiannya untuk menjadi desainer top tak hanya sebatas Nusantara, melainkan terus merambah ke mancanegara. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74642

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1