KabariNews – Kecil dan berprestasi, itulah Gymna Cahyo Nugroho (11).  Warga padukuhan Mulyosari, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, DIY, Juli 2015 ini akan mementaskan wayang kulit di Amerika Serikat. Tepatmya di Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC pada 25 Juli hingga 1 Agustus 2015.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin, (29/6),siswa kelas 6 sekolah dasar itu akan tampil menghibur warga Indonesia dan Amerika serikat. Dalam kesempatan itu Gymna tampil atas undangan dari KBRI untuk Amerika Serikat.

Awal mulanya dalang cilik dapat pentas di Amerika Serikat saat video Gymna disalah satu acara di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari direkam sang ayah dan video tersebut diunggah ke halaman Youtube. Sekitar setahun lalu, video Gymna memainkan wayang yang ada di Youtube dilihat oleh salah seorang petugas di KBRI Washington DC. Petugas tersebut lantas menghubungi orang tua untuk minta mengirimkan profil serta videonya. Setelah itu pihak KBRI akhirnya mengirimkan undangan untuk tampil di Amerika.

Gymna mengaku akan mengeluarkan penampilan terbaiknya ketika di negara Amerika.”Saya juga bisa memainkan beberapa alat musik lainnya seperti gamelan, bass, dan juga kencrung yang membuat penampilan saya nanti akan istimewa,” ucapnya.

Gymna menggemari wayang kulit sejak kecil. Orang tuanya Teguh Siswanto terus memberikan perhatian terhadap bakat anaknya. Pendidikan Pedalangan diserahkan kepada pengelola Padepokan Pengalasan pimpinan Slamet Riyadi. Siswa kelas V SD Muh Mujahidin, Wonosari UPT TK dan SD Kecamatan Wonosari ini banyak menjuarai berbagai lomba.  Selain menjadi juara lomba dalang cilik tingkat kabupaten Gunungkidul, DIY, dan Jateng juga juara 1 pidato Bahasa Indonesia Tingkat Nasional dalam rangka Festival Anak Soleh tahun 2014. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78229

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1