KabariNews – Delegasi Kongres Amerika Serikat tiba di Indonesia menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-70 dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Delegasi ini dipimpin oleh Senator Vern Buchanan dari Florida.  Anggota Kongres lainnya yang tergabung dalam delegasi adalah David Price dari North Carolina, Susan Davis dari California,  Adrian Smith dari Nebraska,  Jim McDermott dari Washington, dan  Dina Titus dari Nevada. Delegasi  mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas upaya-upaya reformasi dalam bidang ekonomi serta tata kelola pemerintahan.

Seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Amerika Serikat, para anggota Kongres juga memuji Indonesia sebagai model dari demokrasi dan toleransi beragama, serta menyerukan agar Indonesia membagi pengalamannya tersebut kepada dunia.  Anggota delegasi juga menjajaki cara untuk meningkatkan kemitraan AS-Indonesia, terutama upaya kedua negara untuk memperkuat hubungan perdagangan serta investasi.  Delegasi Kongres AS juga memberikan ucapan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 kepada Presiden Jokowi, serta menyambut hangat rencana kunjungan presiden ke AS di penghujung tahun ini.

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan  Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan, delegasi AS terlibat dalam pembicaraan yang produktif mengenai isu-isu ekonomi, kemanan, dan pemerintahan.

Tanggal 16 Agustus, delegasi AS dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan dewan sebagai bagian dari upaya untuk mempererat hubungan antar parlemen kedua negara. Para anggota delegasi juga  akan menghadiri upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus.

Anggota-anggota delegasi ini merupakan pimpinan Komisi Kemitraan Demokrasi atau U.S. House Democracy Partnership, komisi gabungan dua partai di Dewan Perwakilan Rakyat AS yang telah menjalin hubungan dengan parlemen di Indonesia sejak tahun 2006. Kunjungan kali ini ke Indonesia merupakan kunjungan kemitraan yang keenam, dan tidak ada negara selain Indonesia, yang lebih sering dikunjungi oleh rombongan anggota kongres ini. Anggota kongres  Buchanan dan McDermott, yang mengepalai Kaukus Indonesia di Dewan Perwakilan Rakyat AS, sudah beberapa kali mengunjungi tanah air dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79212

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2