Kabari News – Seorang nama warga Indonesia bergabung dalam perkumpulan dermawan dunia Giving Pledge. Ia adalah Dato Sri Tahir, Prof. Dr. Tahir atau biasa akrab dipanggil Tahir adalah seorang pengusaha di Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS). Ia menjadi dikenal karena mampu menjadi orang terkaya keduabelas di Indonesia dan seorang filiantropis yang mampu menyumbangkan US$ 75 Juta untuk kesehatan.

Giving Pledge sendiri merupakan klub yang berisi sekelompok miliarder dunia yang kampanye untuk membuat komitmen memberikan sebagian dari kekayaanmereka. Kampanye secara khusus berfokus pada miliarder (atau orang-orang yang akan menjadi miliarder jika tidak untuk filantropi mereka) dan dibuat publik pada 2010 oleh Warren Buffett dan Bill Gates.

Huffington Post melaporkan pada bulan April 2012 bahwa “81 milyarder berkomitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari nasib mereka untuk amal”. sampai dengan tahun 2014 Mei, 127 miliarder atau mantan miliarder individu dan pasangan telah menandatangani janji

Sementara itu sumbangan Dato Sri Tahir yang sangat dikenal adalah US$ 75 Juta untuk The Global Fund untuk melawan TBC, HIV, dan Malaria di Indonesia, bermitra dengan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan sosial milik miliader terkaya di dunia Bill Gates. US$ 10 Juta di antaranya digunakan untuk memperluas akses kontrasepsi. Dengan bermitra bersama Bill & Melinda Gates Foundation, sumbangannya dilipatgandakan menjadi US$ 150 Juta

Selain dermawan Tahir juga sering mendapatkan penghargaan antara lain pada tahun 2011 mendapatkan pengharggan Chancellor Citation dari chancellor University of California, Berkeley, Amerika Serikat (sebuah penghargaan dari chancellor University of California, Robert J. Birgeneau atas kepemimpinan yang luar biasa dalam bisnis dan pengabdiannya dalam kegiatan filantropi dan pelayanan kepada masyarakat), kedua, penghargaan Entrepreneur of the Year 2011 dari Ernst & Young, penghargaan di bidang pendidikan oleh Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew (2011), dan masih banyak lagi.

Penghargaan dari chancellor University of California, Robert J. Birgeneau tersebut berhasil Dr. Tahir dapatkan juga karena pertimbangan bahwa Dr. Tahir ini tercatat sebagai orang Asia pertama yang menjadi anggota wali amanat University of California (UC) Berkeley, AS.(1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69779

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3