Martin ChandrawinataMartin Chandrawinata telah terlibat dalam berbagai aspek rekayasa Bay Bridge East Span (SAS)  sejak Januari 2007 dan menangkap foto secara teratur untuk laporan mingguan soal kemajuan konstruksi. Menggunakan digital Canon 5D Mark II, Martin telah memotret dari setiap sudut, dari puncak menara sampai di dalam perut deck, dan dari awal fajar sampai senja . Ditampilkan di sini adalah pilihan koleksi lebih dari 20.000 gambar yang diambil selama beberapa tahun terakhir .

Latar Belakang

Aku ingat membisikkan sebuah doa sederhana , “Tuhan, jika Anda mengizinkan  saya ingin membangun jembatan seperti satu hari ini”. Ini adalah pagi yang indah pada bulan Juni 1996 di Treasure Island. Memorinya teringat akan Jembatan Golden Gate untuk pertama kalinya dengan sinar matahari berseri-seri pada menara

Sebagai siswa internasional yang berasal dari Indonesia dan menghadiri University of Alabama di Birmingham, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Sipil seraya bersemangat dan berharap untuk membangun jembatan seperti itu suatu hari nanti. Setelah lulus kuliah pada bulan Juni 1998 , saya pindah ke San Francisco Bay Area (Treasure Island) untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan saya di Teknik dan Manajemen Proyek di Program Master UC Berkeley

Satu dekade kemudian pada bulan Juni 2006, mimpi saya menjadi kenyataan ketika saya menerima tawaran dari sebuah perusahaan konstruksi untuk bergabung di Caltrans dan bekerja pada  (SAS) untuk baru Bay Bridge East Span. Saya telah bekerja pada proyek ini sejak Januari 2007 dan, karena saya tinggal di Treasure Island, aku bercanda dengan teman-teman saya bahwa saya membangun jembatan ke rumah saya. Saya bersemangat  membangun jembatan ini, dan saya suka mengambil foto-foto itu .

Fotografi

Ketertarikan saya pada fotografi dimulai pada tahun pertama saya di perguruan tinggi ketika saya bekerja di sebuah kamar gelap mengembangkan foto untuk Kaleidoscope , koran Universitas . Segera saya membeli kamera SLR pertama saya, P30 Pentax, dan mulai mengambil gambar kegiatan di sekitar kampus untuk Kaleidoscope .

Aku membawa hobi ini bersama untuk pertama , kedua dan ketiga pekerjaan saya selepas selesai  kuliah. Saya mendokumentasikan kemajuan pembangunan AirTrain di Bandar Udara Internasional San Francisco (selesai pada tahun 2003), St Regis Museum Menara di San Francisco ( selesai pada tahun 2005 ) , dan sekarang Jembatan SAS (akan selesai pada tahun 2013). Saya menyadari bahwa konstruksi dan fotografi melengkapi satu sama lain – seperti selai kacang dan jelly. Saya menikmati menonton kru konstruksi bekerja keras siang dan malam dan mengambil gambar dari mereka dalam rompi keselamatan dan topi berdebu .

Sebagai ayah dari seorang putri balita, saya sering mencerminkan bahwa pekerjaan saya adalah mirip dengan orang tua melihat bayi mereka tumbuh, menikah dan akhirnya memiliki keluarga mereka sendiri. Selama proses tersebut, saya tidak ingin melewatkan momen-momen penting .

Saya ingin berada di sana ketika ia pertama kali mulai berjalan , saat dia menangis dan tertawa . Dengan pemikiran ini, saya bertekad untuk berada di sana dan menangkap momen dari semua tonggak penting, bahkan tanpa diminta. Aku naik catwalk ke puncak menara dan masuk ke dalam perut dek untuk menangkap kemajuan pekerjaan. Jadi, Anda akan melihat foto-foto dek OBG yang didirikan di dini hari sebelum matahari terbit sampai larut malam karena itu adalah waktu ketika hal itu terjadi.

Mengenai kamera yang saya gunakan, saya membeli kamera SLR digital pertama saya, Canon 10D pada tahun 2004, dan upgrade kamera ini Canon 5D Mark II tahun 2008 untuk menangkap pembangunan Jembatan Bay. Saya telah menggunakan kamera ini untuk mengumpulkan kira-kira lebih dari 20.000 foto dari fabrikasi dan konstruksi SAS to date .

Penutup

Peran saya dalam proyek ini terutama untuk meninjau pembangunan, permintaan informasi, inspeksi, dan semua item yang berhubungan dengan bagian mekanik dan listrik dari proyek ini . Namun, saya memiliki hak istimewa untuk diberi kesempatan untuk menyalurkan bakat saya dalam fotografi sambil mendokumentasikan kemajuan pembangunan dan menciptakan laporan kemajuan mingguan foto juga.

Saya sangat berterima kasih untuk bekerja pada proyek kuar biasa ini dan menyaksikan pembangunan jembatan ini, dari awal dan fabrikasi di fasilitas ZPMC di Shanghai untuk sekarang ketika jembatan mengambil bentuk dan maju sampai selesai. Segera itu akan melayani pengendara melintasi Jembatan Bay dengan rentang yang lebih kuat dan lebih aman.

Sama seperti bahwa anak menonton Jembatan Golden Gate untuk pertama kalinya pada tahun 1996, saya berharap jembatan ini dan gambar konstruksi ini akan menginspirasi para insinyur muda untuk bermimpi besar dan bekerja dan belajar keras. Untuk melihat gambar-gambar konstruksi tahun kemudian akan membawa kembali kenangan yang baik untuk orang-orang yang membuat hal ini terjadi. Hal ini tentu sangat bermanfaat, pengalaman sekali dalam seumur hidup.

Tulisan & foto New Bay Bridge East Span
Oleh Martin Chandrawinata
11 Maret  – 31 Mei 2013