Setelah 16 tahun absen, tahun 2013 menjadi tahun kedua bagi Indonesia untuk mengikuti Tournament of Roses 2013 di Pasadena, California, Amerika Serikat. Perhelatan akbar yang berlangsung pada 1 Januari 2013 ini berlangsung meriah dan spektakuler. Dengan mengusung slogan Wonderful Indonesia, Indonesia memberikan kesempatan bagi Solo Batik Carnival untuk tampil di ajang bergengsi di awal tahun 2013  tersebut.

Indonesia menampilkan tema wayang golek di float kedua dengan 3 patung raksasa yaitu Gatot Kaca, Arjuna dan Kresna dengan hiasan bunga-bunga tropis dan biji-bijian. Sedangkan di float pertama, tampak gong besar dihiasi 2 buah stupa. Solo Batik Carnival sendiri mendapatkan tempat khusus untuk mempromosikan keindahan batik Indonesia.  Dengan memamerkan berbagai kostum yang dirancang khusus,  mereka berjalan-jalan di sisi kiri dan kanan float Indonesia.

Siapa yang menyangka di balik kemewahan dan kemegahan salah satu kostum peserta festival dari Indonesia, dirancang oleh anak bangsa yang baru berusia 16 tahun? Kostum wayang Rama yang digunakan model asal Jakarta ini tampak anggun dan berseni tinggi. Ilham, begitu  nama perancang baju ini. Desainer yang berasal dari Solo ini sebelumnya mengikuti Solo Batik Carnival. Dari seluruh peserta Solo Batik Carnival, Ilham lolos seleksi dari kementerian dan terpilih ikut festival ini. Kostum lainnya pun tak kalah cantik, seperti misalnya kostum bertema Srikandi yang digunakan oleh model asal Solo ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu yang berbicara di depan audiens saat persiapan acara menyambut baik festival ini dan memberikan dukungan demi suksesnya perwakilan Indonesia ini. Mari Elka pun tampak langsung mengunjungi persiapan patung raksasa bertema wayang berikut persiapan kereta hias untuk Tournament of Roses 2013.

Proses untuk menghias patung wayang, tak dinyana, dilakukan oleh para bule yang tampak asyik mengerjakannya. Bahkan beberapa pelajar pun dilibatkan untuk ikut serta. Mereka menghias patung dengan menempelkan biji-bijian atau bermacam-macam aksesoris di patung.  Pengerjaannya pun memakan cukup banyak waktu.

Untuk nonton video proses menghias patung wayang, Klik disini

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?51563

Untuk melihat Artikel Amerika / Art lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :