KabariNews – Jumlah diaspora Indonesia boleh dikatakan cukup banyak. Dari hasil perhitungan Indonesian Diaspora Network (IDN,) jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih memegang paspor Indonesia di luar negeri sebanyak 4,6 juta warga. Hasil tersebut diperoleh dari jumlah warga Indonesia yang sudah mendaftar di perwakilan Republik Indonesia di berbagai negara.

Mohamad Al-Arief (Ketua IDN Global) kepada kabari dalam acara makan malam bersama IDN Northen California dan  Islah Abdullah (Acting Konjen RI San Fransisco) beberapa waktu lalu mengatakan diaspora Indonesia i tersebar di 70 titik dan  14 diantaranya berada di Amerika Serikat.



IDN kata Arief, bertugas selain  menggali potensi diaspora di tempatnya masing-masing juga berupaya meng-koneksikan diantara titik yang tersebar itu. “Belum sempurna memang tetapi mudah-mudahhan ke depannya menjadi kuat, selain memberikan sumbangsih ke tanah air dalam bentuk kongkret tetapi juga kekuatan moral suatu saat” tuturnya.

Nah, pria yang bekerja sebagai staf international di World Bank, Washington DC, AS ini bilang diaspora ada beberapa chapter di setiap kota. “ Ada national chapter, bahkan dari North Calfornia sampai  Eropa juga ada dan semua potensi ini mulai terlihat. Jadi saya bangga melihatnya” kata Arief. Baginya, dua tahun itu tidak lama tetapi Arief  melihat perkembangan ini sangat cepat. Sekarang ini IDN memiliki payung hukum sebagai entitas. “7 bulan terakhir, sejak kongres di Jakarta dibentuk Yayasan Diaspora Global  dan disana entitas badan hukum diaspora yang dapat digunakan bersama” sambung Arief.

Ada beberapa hal yang sedang diupayakan oleh IDN global. Seperti mengkoordinasikan simpul-simpul diaspora yang tersebar di beberapa negara dan melakukan advokasi yang dapat memberikan manfaat kepada kita semua. “Misalnya kita turut mendukung advokasi dwi kewaranegaraan, advokasi ke pemerintah soal visa khusus untuk diaspora. Seperti temen-teman yang hadir di New Orleans kemarin dan  kita menjadi penghubung antara dispora dan pemerintah, supaya pemerintah tahu aspirasi dari dispora” kata Arief.

Foto by Herning RG

Foto by Herning RG

Arief mengatakan sebenarnya diaspora  ini merupakan kekuatan politik. Sebagai contoh jumlah diaspora Indonesia  berjumlah 6 juta dan  4.6 juta ya adalah WNI. Potensi suaranya sebesar 2 juta, namun kemarin saat pemilihan yang menggunakan hak pilihnya berjumlah 7000 ribu.

Hal ini, menurut Arief, sangat baik mengingat dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu yang menggunakan hak miliknya hanya 150 ribu. “Kemarin-kemarin sewaktu saya bertemu dengan Jusuf Kalla, saya bilang jika diaspora ini sebuah propinsi ini bisa menjadi propinsi ke-30 di Indonesia” imbuhnya

Arief berpendapat kalau diaspora ini kuat dalam menggunakan hak pilih, otomatis para pembuat kebijiakan di tanah air  akan melihat diaspora sebagai konsituten yang perlu didengarkan. “Seperti misalnya pada waktu bulan Juni kemarin, kita bertemu dengan tujuh wakil kita yang nanti mewakili kita DPR. Saya bilang ke mereka, konsituennya adalah mereka yang di Lenteng Agung sampai ke Los Angeles, sebab dia mewakili Jaksel, Jakpus dan seluruh dunia jadi jika ingin bertemu dengan konstituennya bukan hanya ke Lenteng Agung tetapi juga ke LA karena ada 600 ribu WNI di sana” tutur Arief. Ini suatu saat akan bersinergi secara positif,  Arief melihat diaspora  memiliki potensi yang besar dan suatu saat dapat menjadi duta bangsa yang progresif mewakili bangsa Indonesia di luar negeri.



Dengan pemerintah baru ini IDN  akan memperkenalkan diri secara formal, dan melihat titik potensi itu dimana. “Yang jelas kita bukan organisasi politik namun sebagai kekuatan politik dan kita harus menyadari itu karena otomatis  merasa menjadi warga negara Indonesia yang berperan aktif”katanya.

Sebagai tambahan, tahun depan akan diadakan kongres diaspora di Jakarta yang diselenggarakan pada bulan Juli atau Agustus. IDN mengupayakan untuk kongres global dilaksanakan tiap dua tahun sekali dengan diselingi oleh konvensi di tiap-tiap negara dan setiap tahunnya selalu ada pertemuan, baik di tingkat global mapun regional. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72161

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

 Kabaristore150x100-2   intero