Kali ini Download Festival San Francisco diadakan pada tanggal 19 Juli
di panggung Shoreline Amphitheatre Mountain View—sekitar 30 menit arah
selatan dari kota San Francisco. Download Festival yang aslinya
dibentuk di Negara Inggris untuk mewakili acara-acara musik seperti
Monster of Rock dan Ozzfest yang tentu saja menawarkan aksi musik dan
panggung band heavy metal raksasa seperti Iron Maiden, Metallica,
Audioslave, Ozzy Osbourne, dan lain-lain. Akan tetapi panitia
penyelenggara Download Festival tahun ini di San Francisco termasuk
majalah musik Spin dan LiveNation lebih memfokuskan band-band baru yang
menciptakan nama melalui situs-situs musik dan sosial seperti Myspace.
Selain itu mereka juga mentargetkan fans-fans musik dance, alternative,
dan Britpop. Aksi headlinernya saja band senior Britpop termasuk Jesus
and Mary Chain dan Gang of Four.

Harga tiket yang ditawarkan cukup menarik, hanya $20 pangunjung bisa menyaksikan sekitar 24 band beraksi di dua panggung besar, serta panggung komedi yang dimeriahkan oleh 11 orang pelawak. Namun sayangnya, tahun ini acara Download Festival kurang begitu sukses, tidak banyak penonton yang datang, dan dilaporkan hanya beberapa ribu tiket saja yang terjual, sama sekali tidak sold out. Selain itu, entah kenapa banyak fans yang datang telat, dan ketinggalan acara band-band menarik seperti the Duke Spirit dan DJ dari Chicago bernama Flosstradamus. The Duke Spirit, sebuah band Britpop dari Inggris yang divokali oleh Liela Moss yang suaranya mirip penyanyi pop asal Wales Duffy, mampu menghibur beberapa ratus penonton dengan setia. Dan DJ Flosstradamus pun mampu menggoyang para pengunjung dengan musik dance dari tahun 80-an dan 90-an.

Pertengahan acara di panggung depan dimeriahkan oleh pasangan suami-istri Mates of State yang didukung oleh pemain cello dan pemain biola dari band rock The Whigs, yang diikuti oleh aksi musik band elektronik retro asal Norwegia yaitu Datarock dan band musik dance unik asal Perancis bernama M83 yang dimotori oleh Anthony Gonzales. Namun atraksi band yang paling enerjetik adalah band alternative rock asal kota New Orleans yaitu Mute Math, saking hebohnya sang penabuh dram Darren King menendang dram basnya sampai bolong yang menimbulkan jeda waktu selama 5 menit, ia juga mampu mematahkan beberapa stik dram selama 30 menit. Sang vokalis Paul Meany dan beberapa anggota band Mute Math lainnya juga tidak kalah hebohnya dengan memukul alat-alat musik lainnya.
Sebuah band retro dance pop asal Australia bernama Cut Copy boleh dibilang salah satu headliner juga karena seluruh penonton terhibur dengan aksi panggung mereka. Selain itu band alternative pop Brand New yang sudah terkenal di Amerika Serikat mampu memeriahkan penonton selama 50 menit.

Setelah semua band-band pendukung selesai, akhirnya band headlinernya pun muncul beraksi. Band pesohor Britpop alternative rock asal Skotlandia Jesus and Mary Chain mengguncang panggung dengan aksi yang menarik. Setelah itu diikuti oleh band alternative rock senior asal Inggris Gang of Four. Walaupun para anggota para band tersebut boleh dibilang sudah berumur untuk ukuran dunia musik, mereka tetap mampu menghibur para fans setianya dengan meriah. Akan tetapi sayangnya pas puncak acara, sudah banyak penonton yang pulang. Mudah-mudahan acara Download Festival tahun depan mampu menarik banyak penonton.

Band:
THE JESUS AND MARY CHAIN,GANG OF FOUR, BRAND NEW, MUTEMATH, YEASAYER, M83, MATES OF STATE, THE WHIGS, DATAROCK, FLOSSTRADAMUS, RJD2, THE DUKE SPIRIT, TAPES ‘N TAPES, CUT///COPY, BLITZEN TRAPPER ,LOUIS-XIV, THE AIRBORNE TOXIC EVENT, ALBERTA CROSS, NATALIE PORTMAN’S SHAVED HEAD, DE NOVO DAHL, VEDERA, THE PARLOR MOB, WILLIAM FITZSIMMONS, THE FEROCIOUS FEW, ELEPHONE, LUCKY’S COMEDY CLUB featuring BRIAN POSEHN. (Inna)