Jakarta, Kabari News.com – Komisi I DPR RI rencananya akan meminta penjelasan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, terkait pembatalan kunjungan Presiden SBY ke Belanda beberapa waktu lalu.

“Kita akan mendengarkan penjelasan Menlu mengenai pembatalan kunjungan Presiden ke Belanda, terlebih lagi ada kabar bahwa pembatalan tersebut berkaitan dengan gugatan RMS di Belanda,” ucap Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddik, Kamis (7/10), sat ditemui wartawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada tanggal 5 Oktober 2010 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan rencananya akan bertolak ke Belanda untuk memenuhi undangan Ratu Beatrix, dan juga dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
Namun sesaat sebelum keberangkatan, Presiden SBY memutuskan untuk membatalkan kunjungan tersebut.
Pembatalan ini diakui Presiden SBY karena adanya ancaman yang datang dari kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) yang meminta pemerintah Belanda menangkap Presiden SBY saat berkunjung ke Belanda, dan juga di saat yang bersamaan digelar pula pengadilan di Belanda yang menuntut penangkapan dirinya.
Mengetahui hal ini,  Presiden pun memutuskan untuk membantalkan kunjungannya, menurut Presiden, ini dilakukannya demi harga diri bangsa.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35681

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Klik di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

________________________________________________________________

Supported by :