Amerika Serikat akan menjamin seluruh umat Muslim yang berada di Amerika, hal ini diungkapkan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, menyusul terbakarnya Masjid Arson di Joplin, Missouri. Scot mengatakan tidak ada ancaman bagi Muslim di Amerika Serikat selama menjalankan ibadah.

“TIdak ada ancaman. Warga Muslim di Amerika tetap mendapat perlindungan sesuai undang-undang di Amerika Serikat,” tegas Scot.

Pernyataan tersebut dikemukakan Scot di depan para wartawan dalam acara buka bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama di kediaman dubes AS di Jakarta. Ia pun mengakui pernyataannya berkaitan dengan terbakarnya sebuah masjid di Joplin, Missouri (6/8) waktu setempat. Saat ini penyidikan masih dilakukan oleh agen FBI untuk mengetahui apakah terbakarnya masjid disengaja atau tidak.

Ia mengatakan, pihak berwenang di AS masih berupaya untuk membongkar kasus ini dan jika terbukti disengaja dan pelaku pembakaran tertangkap maka akan dijatuhi hukum sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku di Amerika.

Masjid Arson di Joplin, wilayah barat Missouri, terbakar sekitar pukul 03.30 waktu setempat. Dalam sebulan kebakaran tersebut sudah dua kali terjadi, sehingga timbul dugaan masjid sengaja dibakar oleh pihak tertentu. Seperti dilansir harian Telegraph, diduga terbakarnya masjid masih berkaitan dengan percobaan pembakaran pertama yang terjadi pada Sabtu (4/8). Pelaku sempat terekam kamera pengintai. Seorang pria tidak dikenal terekam sedang melemparkan bom Molotov ke atap masjid dan menyebabkan kerusakan kecil.

Kasus ini masih terus diselidiki, sementara itu lembaga umat Muslim di AS, The Council on Amerika-Islamic Relations juga menawarkan imbalan sebesar 10 ribu dolar AS, bagi siapa saja yang bisa memberi petunjuk atau informasi siapa yang bertanggung jawab atas kebakaran yang menimpa masjid di Joplin.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?47794

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :