Di akhir masa jabatannya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menggagas pembuatan patung untuk seluruh mantan presiden RI. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pembuatan keenam patung mantan presiden RI akan segera terwujud.  Ada enam patung yang saat ini masih diselesaikan oleh Yusman, diantaranya  patung Ir. Soekarno, H.M Soeharto, B.J Habibie,  Abdurahman Wahid atau Gusdur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Yusman adalah seniman asal Yogyakarta yang dipercaya Kemendikbud untuk membuat patung enam presiden yang memimpin Indonesia. Yusman diberikan waktu 2 bulan untuk menyelesaikan patung. Karena itu, Yusman sejak sebulan terakhir bolak balik Yogyakarta-Jakarta, bahkan sampai mempelajari buku sejarah demi mendalami karakter para mantan presiden.

Yusman mencoba ‘menghidupkan’ mantan-mantan presiden sesuai ciri khasnya masing-masing, baik ciri fisik, senyuman atau gerak-gerik para mantan presiden. Sebagai contoh yang khas, Yusman membuat patung presiden RI 1, Ir. Soekarno dengan tangan menunjuk, yang menjadi ciri khas Bung Karno saat berpidato. Berbeda dengan Gusdur dibuat dengan senyum khas dan gerakan tangan melambai, sedangan patung habibie dibuat dengan pose kepala yang sedikit miring.

Tak sekedar mencetak, memahat berdasarkan foto dan ciri khas para presiden, sebelumnya, Yusman juga sempat mengundang keluarga mantan presiden untuk memberikan saran agar patung sesuai dengan sosok aslinya. Patung dibuat cukup besar, yaitu 1,5 kali lebih tinggi dari masing-masing presiden.

Untuk mempersingkat pembuatan, Yusman mensiasati bahan patung dengan fiber terlebih dahulu untuk mengejar peresmian. “Harusnya itu perunggu, tapi waktunya tidak memungkinkan jadi kita buat dari fiber dulu. Untuk model ini baru terbuat dari tanah lempung” ungkapnya.

Rencananya patung-patung tersebut akan diresmikan pada akhir Agustus 2014 di Istana Presiden, di Bogor. Setelah peresmian, patung akan disimpan di museum Istana Bogor dan diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar mencintai sejarah. (Foto : Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68849

Untuk melihat artikel Serba-Serbi lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

intero