Jika anda diundang ke sebuah jamuan formal, makan malam bersama pejabat misalnya, anda harus menyiapkan diri anda agar tidak kaku atau grogi. Tidak ada salahnya anda mulai belajar etika di meja makan. Banyak orang yang tak menghiraukan etika dan sopan santun di meja makan, padahal jangan salah, banyak kontrak bisnis sukses berawal dari meja makan.

Jika anda mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung anda menunjukkan intelektualitas anda.

Sekarang mari mengandaikan anda diundang di sebuah restoran terkenal dengan meja makan yang sudah di setting sedemikian rupa.

Ini yang harus anda lakukan :

 

Pertama

Bila pelayan tidak memberikan anda duduk, Duduk dan tariklah bangku dengan dua tangan.

Kedua

Bukalah serbet atau napkin dengan wajar taruh di pangkuan anda

Ketiga

Jika anda sudah siap memesan menu, lihat daftar menu dengan wajar, jangan terlalu lama. Segera menunjuk menu yang anda pilih. Setelah itu biasanya pelayan mempersilakan anda mencicipi menu pembuka atau Appetizer.

 

Nah biasanya jamuan formal terdiri dari beberapa menu

 

Hidangan Pembuka (Appetizer)

Sebelum hidangan pembuka disajikan biasanya diatas meja disediakan roti sebagai panganan, anda bisa makan roti ini dengan tangan. Hidangan pembuka biasanya juga terdiri dari dua macam, Hot Appetizer dan Cold Appetizer. Hot Appetizer biasanya Sup. Aduklah sup itu perlahan, jangan dipangku ditangan anda, biarkan tetap diatas meja. Jangan sekali-kali meniup sup. Gunakan sendok sup yang sudah disediakan, biasanya lebih kecil. Kalau Cold Appetizer bisa berupa salad, ambil garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan, sekali lagi pilihlah alat makan yang disediakan, biasanya lebih kecil dari alat makan hidangan utama. Janagn ragu-ragu mengelap mulut anda bila ada sisa makanan disana. Jangan mengelap dengan satu tangan.

 

Hidangan Utama (Main Course)

Nah hidangan utama sudah tiba, jangan salah kalau anda sedang diundang jamuan makan ala internasional, umumnya ada dua cara menyantap hidangan utama. Hidangan utama sering berupa daging, steik atau sea food. Bila menggunakan ala Amerika biasanya daging dipotong lebih dahulu baru disantap menggunakan sendok dengan tangan kanan. Cara Eropa lain lagi, biasanya langsung dipotong dengan pisau di tangan kanan lalau memakan dengan garpu di tangan kiri.

 

Hidangan Penutup (Dessert)

Puas menyantap hidangan utama, saatnya anda menikmati hidangan penutup. Hidangan penutup umumnya berupa makanan atau minuman dingin, seperti cocktail, ice cream atau jus. Jangan makan hidangan penutup langsung setelah anda menghabiskan makanan utama. Berilah waktu untuk perut anda. Setelah dirasa cukup dan hidangan penutup sudah siap, amkaan anda bisa menyantapnya. Bila hidangan pentup anda berupa minuman yang ada hiasan diatasnya. Makanlah hiasannya  atau sisihakan terlebih dahulu. Baru minum isinya. (Yayat)

About The Author

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ 6 = tujuh