Patung Obama yang diresmikan pada hari Kamis (10/12/2009) di Taman Menteng mengundang kecaman dari sejumlah masyarakat. Mereka tidak setuju dengan keberadaan patung Presiden Amerika Serikat ini dan meminta agar diganti dengan patung pahlawan nasional.

Kecaman ini juga berlanjut hingga Facebook. Berikut kalimat yang tertulis pada halaman Admin grup Facebook “TURUNKAN PATUNG BARACK OBAMA di TAMAN MENTENG” yang dikelola oleh Daniel Rudi dan Heru Nugroho.

“Barack Obama memang pernah menjalani masa kecil di sebuah rumah di bilangan Menteng Jakarta Pusat. Walaupun saat ini dirinya mengukir sejarah sebagai Presiden Amerika, akan tetapi Barack Obama adalah seorang warga negara Amerika. Dirinya bukan siapa-siapa bagi sejarah bangsa Indonesia yang berdaulat dan berjati diri sebagai bangsa merdeka.”

Menurut Admin group ini, masih banyak pahlawan-pahlawan yang layak untuk dihargai dengan dibuatkan patung, contohnya adalah Ali Sadikin.

Masyarakat juga menyayangkan peletakkan patung Obama di arena publik. Seandainya mereka membangun di arena SDN Menteng 01, mungkin masyarakat tidak akan mengecam sekeras ini.

Obama juga dinilai tidak (atau belum) memberikan kontribusi yang besar untuk Indonesia, sehingga rasanya belum layak dibuatkan patung.

Beberapa anggota group ini juga menuliskan opini mereka di wall Facebook, seperti yang ditulis oleh Isnain Fikriansyah “Wadooooooh,………….. ini yg buat n sponsornya pasti cari muka aja neh. Mending pasang Patung Benjamin Sueb deh, orang nya jelas aseli Betawi, kenang2an nya juga banyak.”

Atau seperti yang ditulis oleh Aditya Gilang Pratama, “Obama memang orang besar… tapi ga ada untungya bagi indonesia…. mending masang patung pahlawan kita aja…” Keduanya menolak kehadiran patung Obama tersebut.

Patung Obama yang terletak di Taman Menteng berupa patung masa kecil Obama ketika bersekolah di SDN Menteng 01. Saat ini grup penentang patung Obama telah mencapai sekitar 2.900 anggota dan terus bertambah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34202

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :