KabariNews – United Stated Food and Drug Administration (FDA) melaksanakan penyelidikan kasus wabah Listeriosis (Listeria), yang dapat mengakibatkan penyakit Foodborne, di dalam apel karamel yang di produksi oleh perusahaan Bidart Bros, yang berpusat di Bakersfield, California. Pada tanggal 9 Januari, FDA mengumumkan hasil tes yang mengkonfirmasi bahwa ikatan bakteria Listeriosis ditemukan di fasilitas pengolahan apel Bidart Bros yang diyakini terkait dengan wabah Listeriosis.

U.S Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan total 32 kasus keracunan akibat bakteri Listeria Monocytogenes dari 11 wilayah di Amerika Serikat (AS) – 31 korban dirawat di rumah sakit dan setidaknya 3 orang meninggal dunia. Masyarakat Indonesia disarankan untuk menghindari konsumsi apel karamel yang diproduksi oleh Bidart Bros – termasuk produk yang mengandung kacang, meses, coklat dan taburan lainnya.

Listeria adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Listeria Monocytogenes. Listeria terutama menyerang ibu hamil, bayi, orang lanjut usia dan orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah dengan menyebabkan infeksi pada sistem saraf pusat (meningitis, meningoencephalitis dan abses otak). Orang yang terinfeksi biasanya mendapatkan gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare. Selain itu, infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Per tanggal 9 Januari 2014, U.S CDC melaporkan 32 kasus keracunan akibat Listeria Monocytogenes dari 11 wilayah di AS. Dilaporkan bahwa 31 korban dirawat di rumah sakit dan setidaknya 3 orang meninggal dunia karena wabah Listeria ini. 10 korban diantaranya adalah wanita hamil, dengan satu kasus mengalami keguguran. Per tanggal 6 Januari 2015, perusahaan Bidart Bros melakukan penarikan terhadap apel Granny Smith dan Gala, karena hasil pengujian di lingkukan fasilitas pengepakan menunjukkan adanya kontiminasi Listeria Monocytogenes. Penarikan juga dilakukan terhadap semua apel jenis Granny Smith dan Gala

Selain Bidart Bros, selaku perusahaan utama, terdapat tiga perusahaan distributor di AS telah mengeluarkan penarikan secara sukarela karena memiliki potensi untuk terkontaminasi dengan Listeria Monocytogenes. Perusahaan-perusahaan ini adalah Happy Couple Company (produk apel karamel merk Kroger) of Washington, Missouri, California Snack Foods, of El Monte, California, Sugar Daddy LTD (produk Merb’s Candies) of St. Louis, Missouri.Produk-produk ini tersedia secara eceran melalui supermarket, toko diskon dan toko klub di negara-negara bagian berikut: Alabama, Alaska, Arizona, Arkansas, California, Colorado, Florida, Georgia, Hawaii, Idaho, Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Louisiana, Massachusetts, Minnesota, Mississippi, Missouri, Montana, Nebraska, Nevada, New Mexico, North Carolina, Ohio, Oklahoma, Oregon, Pennsylvania, Tennessee, Texas, Utah, Washington, Wisconsin, dan Wyoming.

Konsumen, dalam hal ini khususnya masyarakat Indonesia, disarankan untuk tidak mengkonsumsi apel karamel yang berasal dari Bidart Bros, termasuk jenis apel Granny Smith dan Gala – termasuk juga produk apel yang mengandung kacang, meses, coklat dan taburan lainnya. Konsumen disarankan untuk mencari pertolongan medis dan melaporkan kepada petugas kesehatan jika mengalami demam dan nyeri otot, diare atau gejala gangguan gastrointestinal lain setelah mengkonsumsi apel. Gejala dapat muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah mengkonsumsi produk yang terkontaminasi.

Konsul Jendral RI di Los Angeles, Umar Hadi, mengatakan “Apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, California, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan infeksi serius dan fatal. Saya menghimbau agar masyarakat Indonesia, terutama di kawasan California Selatan, agar tidak mengkonsumsi produk apel, terutama produk apel karamel, serta terus waspada akan makanan yang kenungkinan terkontaminasi wabah ini” tegas Hadi di Los Angeles dalam siaran persnya, Jumat, (27/1).  (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74619

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1