KabariNews – Penantian yang cukup panjang 14 tahun, akhirnya pecinta film nasional dapat kembali menyaksikan adu peran Cinta dan Rangga. Film AADC pernah merajai film Tanah Air pada tahun 2002. Selain jadi film paling laris film AADC sempat disebut-sebut sebagai film yang membangkitkan kembali gairah film nasional.

Banyaknya permintaan dari berbagai pihak dengan berbagai pertimbangan, rumah produksi Miles Films akhirnya setuju membuat sekuel AADC 2. Melanjutkan dari kisah film terdahulunya, AADC 2 hadir dengan banyak kejutan. Masih dengan persahabatan ‘Geng Cinta’, pada sekuel kedua ini cerita lebih diperkaya dengan munculnya karakter-karakter baru. Pertemuan kembali Cinta dengan Rangga pada situasi yang tak terduga dan dilema membuat penasaran banyak kalangan. Antusiasme penonton tidak hanya di Indonesia saja, namun sampai ke negara tetangga, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Chemistry Dian Sasrtowardoyo dan Nicholas Saputra adalah kunci dari AADC2. Cinta, kecewa, tawa dan kenangan masa lalu hadir silih berganti di film berdurasi 125 menit ini. AADC2 membawa banyak perasaan yang tak terselesaikan di masa lalu. Bagi penonton yang sudah menyaksikan AADC pertama dapat dipastikan akan ikut terhanyut pada setiap adegan.

Seperti film pertama, kritik-kritik sosial, rangkaian kata dan kutipan puisi hadir dalam film ini cukup memikat. Karakter tokoh-tokoh dalam AADC memberikan energi, seperti kepingan puzzle masing-masing karakter ‘hidup’, bahkan lagu-lagu yang ditampilkan mampu mengantarkan emosi penonton. Skenario dikemas ringan sehingga mudah dicerna.

Proses syuting dilakukan di tiga lokasi yaitu Jakarta, Yogyakarta dan New York. Film ini juga menghadirkan kolaborasi berbagai seniman kawakan, di antaranya AAn M Mansyur (penulis puisi untuk tokoh Rangga), Eko Nugroho, kelompok teater Hip Hop Papermoon Puppet Theater, seniman kopi Pepeng, kelompok musik Jogja Hip Hop Foundation dan penyanyi indie jazz lokal Mian Tiara. Anto Hoed dan Melly Goeslow masih dipercaya untuk menggarap soundtrack film. Pasangan suami istri ini menciptakan 8 lagu untuk memberi ‘nyawa’ agar film lebih hidup.

AADC2 berhasil memecahkan rekor, dalam 8 hari penayangannya, film yang disutradari Riri Riza ini menembus angka 3 juta penonton lebih. Sepanjang 5 tahun terakhir belum ada film nasional yang bisa menembus angka itu hanya dalam tempo 8 hari. Dan, angka itu menjadi prestasi tertinggi untuk film nasional di sepanjang tahun 2016. (1001)