KabariNews – Food and Drug Branch California adalah badan pengawas keamanan makanan yang diproduksi lokal untuk konsumsi lokal. Untuk keamanan makanan, mereka telah menetapkan beberapa persyaratan dalam alur penanganan makanan dan minuman.

Sertifikat Food Manager California adalah satu syarat wajib, dan minimal harus ada satu orang di tiap usaha makanan ritel yang memiliki sertifikat Food Sanitation California. Sertifikat ini harus diperbarui setiap 5 tahun.

Food and Alcohol Safety Classes (FnaSafety.com) adalah pilihan nomor satu di California yang menawarkan tes Food Safety California lewat layanan kursus dan ujian sertifikasinya. Anda bisa memilih salah satu dari ServSafe, Learn2Serve, National Registry of Food Safety Professionals, TAP Achievement Series atau TIP’s Training and Certification untuk memenuhi persyaratan SB303, Food Manager Certification California, Responsible Beverage Service (RBS), persyaratan California Food Handler Card (harus didapat dalam 30 hari pertama bekerja), termasuk suplemen kota San Diego.

Food and Alcohol Safety Classes (FnaSafety.com) menawarkan paling banyak kelas yang diajarkan secara live. Ditambah lagi, ia juga menawarkan secara online Food Sanitation Certification California terakreditasi ANSI, Food Handler California, dan Responsible Beverage Service. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kursus dan ujian sertifikasi untuk pelatihan Allergen dan sertifikasi HACCP.
Jangan menyamakan Food Manager Certification California dengan California Food Handler Card. California Food Handler Card wajib bagi semua pekerja makanan. Tetapi, jika Anda sudah punya Food Manager Certification California atau Food Sanitation Certification California, Anda tidak butuh California Food Handler Card.

California Food Handler Card dirancang agar semua pekerja makanan memiliki tingkat pelatihan yang cukup di bidang keamanan makanan untuk menekan resiko penyakit yang disebarkan lewat makanan. Para pekerja restoran diharuskan memiliki California Food Handler Card dalam 30 hari sejak awal kerja. Karyawan baru di San Diego County harus mendapatkan kartu Food Handler California terhitung 10 hari sejak awal kerja. Usaha makanan harus menyimpan catatan bahwa semua karyawan memiliki California Food Handler Card yang harus ditunjukkan kepada petugas penegak hukum setempat apabila diperlukan. Ketidakmampuan untuk menyimpan catatan bahwa semua karyawan memenuhi semua kewajiban Food Handler California adalah pelanggaran terhadap California Retail Food Law, yang bisa dikategorikan sebagai tindak pidana ringan.

Pekerja makanan harus lulus ujian Food Safety California dengan nilai minimum 70 persen. Di San Diego, skor kelulusan adalah 80 persen untuk ujian California Food Handler Card. Sejak 1 Juli 2011, SB 602 mewajibkan semua pekerja makanan untuk lulus ujian Food Safety California. Peraturan-peraturannya dapat berbeda-beda tergantung kota dan county-nya. Seorang pekerja makanan (food handler) didefinisikan sebagai perorangan yang terlibat dalam persiapan, penyimpanan, dan penyajian makanan. Semua restoran, pasar, bakery, bar, “hot truck” dan commissary yang menyiapkan atau menyajikan makanan tak dikemas harus ada pemilik atau karyawan yang memiliki Food Sanitation Certification California. Di samping itu, tiap usaha makanan ritel harus memiliki setidak-tidaknya satu orang yang memiliki Food Safety Manager Certification California.

California Food Handler Card berlaku di semua wilayah California kecuali di Riverside, San Bernardino, dan San Diego. Mereka ini memiliki ujian Food Handler California tersendiri. Anda disarankan berkonsultasi dengan petugas penegak hukum setempat di county-county ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan-persyaratan ujian Food Safety California di tempat-tempat ini.

Pemberi kerja tidak wajib membiayai karyawannya dengan pelatihan dan ujian California Food Handler Card. California Food Handler Card adalah hak milik karyawan restoran dan mereka bisa berpindah kerja tanpa harus mendapatkan California Food Handler Card yang baru.
California Food Handler Card wajib dimiliki oleh pekerja penuh waktu dan paruh waktu. pekerja makanan tidak harus selalu membawa kartu California Food Handler mereka, dan pemberi pekerjaan bertanggung jawab untuk menyimpan catatan yang memastikan bahwa semua pekerja memiliki California Food Handler Card.

Yang terlepas dari undang-undang California Food Handler Card adalah pekerja makanan yang dipekerjakan oleh pasar petani tersertifikasi, commisary, toko kelontong, fasilitas layanan kesehatan berizin, kantin sekolah negeri dan swasta, mobile support unit, fasilitas penyedia makanan terbatas, program nutrisi manula, dan fasilitas tahanan. Pekerja sukarela juga terlepas dari undang-undang ini.
Pekerja makanan bisa bekerja menggunakan California Food Handler Card di beberapa restoran kecuali di Riverside, San Bernardino, dan San Diego.

FNA Safety menyediakan paling banyak pilihan program dan sertifikasi ANSI online termasuk Food Safety Manager Certification California, Food Sanitation Certification California, Food Safety California test, pelatihan alergen, dan sertifikasi HACCP. Hubungi FNA Safety sekarang untuk semua kebutuhan sertifikasi safe food handling Anda.