KabariNews – Dua perusahaan Indonesia unjuk gigi di National Association of Music Merchants (NAMM) di Anaheim Convention Center, Anaheim, California, akhir Januari lalu. Mereka adalah Stephallen Guitars dari Sidoarjo, Jawa Timur dan produk utamanya gitar unik, dan Digitama Group dari Jakarta dengan amplifier tabung. Kali ini mereka tengah giat meningkatkan ekspor alat musik gitar Indonesia dan amplifier ke Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari keterangan pers KJRI Los Angeles, NAMM Show adalah salah satu dari dua pameran dagang alat musik dunia terbesar, selain yang diadakan di Frankfurt. Setiap tahunnya, NAMM Show digelar di Anaheim Convention Center (ACC).

Pameran ini juga menggelar banyak workshop atau presentasi khusus dan menarik minat banyak musisi terkenal. Tahun ini, misalnya, tampak hadir seperti gitaris Mike Stern, musisi dan pencipta lagu Stevie Wonder, musisi dan produser Don Was, musisi Harry Shearer, komposer CJ Vanston, gitaris Jeff “Skunk” Baxter, dan pianis jazz Bob James.

Keikutsertaan produk-produk Indonesia dalam NAMM Show kali ini memberi prospek yang positif ke depan. Setelah ikut pameran tersebut, Stephallen Guitars dan Digitama Group mulai menerima lebih banyak pesanan. Rupanya pengunjung lokal dan distributor setempat mulai mengakui produk gitar dan amplifier dari perusahaan Indonesia ini punya daya tarik tersendiri. Kualitasnya tidak kalah dari alat-alat musik negara lain.

Pada pameran NAMM Show 2015 tersebut dikunjungi lebih dari 95.000 pengunjung dari 99 negara. Tercatat ada 636 perusahaan dari 49 negara yang berkutat di industri musik. Panitia mengklaim jumlah peserta pameran meningkat 6 persen dan jumlah perusahaan pembeli internasional naik 8 persen dibandingkan tahun 2014.

Pangsa pasar yang ditawarkan dalam pameran dagang ini tak hanya Amerika Serikat, tetapi juga ke negara-negara lain di luar Amerika Serikat, seperti Eropa dan Amerika latin. Kini tercatat ada paviliun internasional dari tujuh negara, di mana masing-masing paviliun diikuti lebih dari 10 perusahaan, yakni Argentina, Brazil, China, Jerman, Korea Selatan, Inggris dan Spanyol. (1009)