KabariNews – Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, rencananya akan tiba di Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Hillary datang ke Indonesia bersama dengan rombongan Todd Stern untuk masalah perubahan iklim. Rombongan akan tiba dengan menggunakan pesawat Boeing 757-200.

Kepala Humas Polda Metro Jaya, Kombes Zulkarnain dalam keterangannya menyebutkan, Polri telah menurunkan sedikitnya 2.800 personil serta regu tembak untuk menjaga situasi saat kedatangan Menlu AS tersebut.

Kunjungan Hillary ke Indonesia rencananya akan berlangsung selama dua hari, serta bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda.

Kunjungan Menlu AS ke negara-negara di Asia berlangsung sejak tanggal 15 Februari sampai 22 Februari 2009. Jepang, Korea Selatan, Cina dan Indonesia termasuk daftar lawatan Menlu AS tersebut.

Sebelumnya, Menlu Hasan Wirajuda saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR mengatakan, kunjungan Menlu AS ke Indonesia telah membuktikan kredibilitas Indonesia di mata dunia. Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar dapat menjalankan roda demokrasi, pluralisme, perlindungan HAM dan toleransi yang berjalan beriringan.

Juru Bicara Kepresidenan, Dino Pati Djalal juga menjelaskan, beberapa pokok permasalahan yang akan dibahas saat pertemuan Presiden SBY dengan Menlu AS adalah perkembangan dan perdamaian untuk Palestina, selain juga isu-isu politik serta ekonomi dalam dan luar negeri.