Unik, KabariNews.com – Para ilmuwan di Inggris mengklaim dapat memecahkan teka-teki yang banyak membuat orang bingung selama ini, yakni, mana yang lebih dahulu ada, ayam atau telur?

Jawabannya adalah Ayam.

Seperti dilansir mail online, para peneliti dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris, memastikan jawaban tersebut setelah diketahui bahwa awal pembentukan kulit telur bergantung dari protein ovocledidin-17 atau OC-17- yang berada di indung telur ayam, protein ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan kulit telur.

Hal ini lah yang meyakinkan mereka untuk menyimpulkan bahwa ayam lebih dulu ada karena telur hanya akan muncul jika berada di dalam ayam.

Para peneliti  menggunakan komputer khusus milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) di Edinburgh, yang diberi nama HECToR (High End Computing Terascale Resource) untuk melihat secara jelas awal pembentukan telur tersebut.

OC-17 berfungsi untuk mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit sebagai awal pembentukan cangkang telur.

“Selama ini masyarakat beranggapan bahwa yang lebih dulu ada adalah telur, tapi sekarang sudah ada jawaban melalui bukti ilmiah, yang menunjukkan bahwa ayam lah yang lebih dahulu ada,” tutur Dr Colin Freeman, dari Universitas Sheffield, seperti dilansir mail online.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35183

Untuk

melihat Berita Indonesia
/ Unik lainnya, Klik
di sini


Klik

di sini untuk Forum Tanya
Jawab

Mohon beri nilai
dan komentar di bawah
artikel ini

______________________________________________________

Supported
by :