KabariNews – Seorang pianis Indonesia berusia 12 tahun masuk sebagai salah satu nominasi ajang bergengsi musik Grammy Award ke-58. Album Joey Alexander, “My Favorite Things” telah dinominasikan untuk dua kategori, ” Best Jazz Instrumental Album “, dan “Best Improvised Jazz Solo” untuk “Giant Steps”, salah satu lagu dalam album tersebut.

“My Favorite Things” adalah album pertama Joey yang dirilis pada Mei 2015 ketika ia berusia 11 tahun. Album ini diproduksi oleh pemenang Grammy Jason Olaine melalui perusahaan rekaman bernama Motema Music.

Joey merupakan pianis jenius. Penemuan talenta Joey dalam bermusik bermula dari sebuah piano kecil Casio yang dibeli Denny Sila, Ayahnya. Kebetulan ia seorang penikmat musik jazz dan juga bermain instrumen musik. Sejak Joey bayi, ia sudah memperdengarkan genre musik jazz. Setiap saat, dari bangun tidur, di rumah atau di mobil tak lepas dari musik jazz. Rupanya ini ikut mempercepat terkuaknya talenta istimewa putra bungsunya dalam bermusik, khususnya jazz.

Dalam wawancaranya bersama KABARI beberapa waktu lalu, Denny mengatakan sepulang kantor dia terkejut mendengar Joey, waktu itu umur 6 tahun, dan Joey dapat memainkan not-not musik jazz yang cukup sulit dengan baik.” Feeling saya, anak ini punya something special yang harus dibagikan kepada dunia. Tidak boleh disimpannya sendiri” kisah Denny. (Baca: Joey Alexander Usia 10 Tahun Jadi Pianis Jazz Internasional)

Akhirnya, tanpa ragu ia segera memboyong keluarganya pindah dari Bali ke Jakarta. Ia ingin mendukung Joey menggali kemampuan bermusik yang ada di dirinya. Untuk itu ia megantar putranya belajar musik jazz dari para musisi legendaris di Tanah Air, di antaranya Indra Lesmana, Benny Likumahuwa, Idang Rasjidi dan masih banyak lagi. (1009)