Batik identik dengan Indonesia. Di tingkat dunia, batik Indonesia telah mendapat penghargaan dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendaw atau Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Dalam hal ini UNESCO mengakui, bahwa batik adalah bagian dari budaya asli Indonesia.Keputusan itu menjadi satu kebanggan bagi rakyat Indonesia, pasalnya batik tidak hanya diakui di dalam negeri tapi budaya Indonesia itu juga diakui dunia.

Kata batik itu sendiri dapat diartikan sebagai kain atau bahan sandang. Ditemukan sejak masa kolonial Belanda di Indonesia, dan berasal dari kata mbatek, mbatik, batek, dan batik. Meski diyakini berasal dari Jawa, namun batik ditemukan juga di Kalimantan, Flores, Halmahera, Toraja, Papua dan Sumatera.

Perkembangan batik di Indonesia tak lepas dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta. Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu.

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70758

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan