Peringatan HUT ke-487 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Jakarnaval pada Minggu (22/6/2014) dengan melibatkan 1.200 peserta jalan kaki, lima topeng raksasa, serta lima grup dari daerah, seperti Bali, Ponorogo, Surakarta, Indramayu, dan Kalimantan Timur.

Jakarnaval 2014 yang mengangkat tema “Keajaiban Topeng Nusantara” menyemarakkan HUT ke 487 DKI Jakarta. Karnaval berbagai instansi dan unsur masyarakat ini melalui rute Silang Monas Barat Daya – Jalan MH.Thamrin-Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama resmi membuka karnval ini di pintu barat daya Monas, pada Minggu Sore. Basuki meresmikan dengan memukul rebana dan dilanjutkan penampilan tari topeng Mandar.Dalam kata sambutannya, Basuki berkata bahwa festival yang digelar bukan hanya sebatas hiburan semata kepada masyarakat. Namun festival ini, menjadi proses pelatihan kepada masyarakat untuk tidak merusak taman dan menjaga kebersihan kota.

Menurut Basuki, dalam rangka HUT Jakarta setiap tahun, dia menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat kota Jakarta dengan baik. Hal demikian dihimbaunya karena pada dasarnya kota Jakarta sudah menjadi rumah bersama bagi warga Jakarta.”Makanya dalam rangka HUT Jakarta setiap tahun, kita sama-sama belajar, menjaga kota Jakarta ini, karena kota Jakarta adalah ibu kota kita dan rumah kita bersama,” ujar Basuki.

Salah seorang warga Jakarta kepada kabarinews.com mengatakan sangat senang dengan acara seperti ini. “tahun kemarin kebetulan saya tidak melihat karanaval seperti ini. Jadi ya senang sekali saya bisa melihat arak-arakan mobil hias,” ujar Hayati salah satu warga Jakarta.

Jakarta Night Festival

Screen Shot 2014-06-23 at 3.50.40 PM

Sehari sebelumnya di lokasi yang sama diadakan Jakarta Night Festival (JNF) dengan konsep car free night (malam bebas kendaraan) yang mengawali rangkaian acara perayaan HUT DKI Jakarta. Kegiatan itu diselenggarakan pada Sabtu 21 Juni 2014 di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Acara dimulai pada pukul 18.00 WIB hingga Pk.01:00 dini hari. Pemprov DKI Jakarta menyediakan sembilan panggung yang tersebar dari Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia. JNF dimeriahkan oleh artis ibu kota, seperti Sheila On 7, Mulan Jamela, Nowela, dan beberapa artis ibu kota lainnya.

Atraksi Humanoid atau patung hidup juga memeriahkan JNF. Festival Budaya Humanoid pertama ini diikuti sebanyak 487 seniman. Angka ini sesuai dengan umur ibu kota. Pemprov DKI juga menghadirkan dua seniman humanoid yang juga pemenang The World Championship of Living Statues 2013 di Kota Arnhem Belanda.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, saat ini atraksi patung orang mulai digemari di Indonesia. “Ada 487 seniman patung hidup dengan berbagai karakter yang merepresentasikan kota Jakarta yang multikultur,” kata Arie.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?67358

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Hosana