KabariNews – Hyperloop merupakan sebuah model yang dikemukakan untuk transportasi penumpang dan pengangkutan, yang membawa sebuah kendaraan berbentuk kapsul melalui sebuah tabung bertekanan rendah yang kecepatannya akan melebihi kecepatan pesawat terbang. Versi alpha dari rencana ini, yang diumumkan di website SpaceX, mendeskripsikan klaim rancangan dari sistem tersebut beserta fungsinya. Kapsul-kapsul ini kemudian melaju dengan kecepatan meluncur secara perlahan menggunakan levitasi magnetik pasif. Tabung-tabungnya juga bisa meluncur di atas tanah dengan jalur pipa atau di bawah tanah sehingga tidak perlu khawatir akan adanya bahaya menyeberangi rel. Sistem hyperloop diharapkan agar sangat hemat energi, tidak bersuara dan otonom.

Konsep hyperloop, yang diciptakan oleh Elon Musk pada tahun 2012, melibatkan tabung bertekanan rendah di mana kapsul yang diberi tekanan udara menumpangi sebuah bantalan udara yang digerakkan oleh motor induksi linier dan kompresor udara.

Rancangan asli dari konsep Hyperloop telah dipublikasikan dengan rilisnya dokumen desain awal pada Agustus 2013, yang menyertakan sebuah rute yang dianjurkan dari wilayah Los Angeles ke area San Fransisco Bay, meniru koridor Interstate 5 untuk sebagian besar dari jaraknya. Analisis awal menunjukkan bahwa rute macam ini dapat memperoleh sebuah waktu perjalanan berperkiraan 35 menit, yang berarti para penumpang akan melintasi rute berjarak 350 mil (560 km) pada kecepatan rata-rata sekitar 600 mil per jam (970 km/jam), dengan kecepatan tertinggi 760 mil per jam (1.200 km/jam), yang mana merupakan sebuah perkembangan besar dibandingkan dengan waktu tempuh saat ini yang berkisar 6 jam. Estimasi biaya awal untuk rute yang dianjurkan tersebut tertera di buku putih—US$6 miliar untuk versi khusus penumpang, dan US$7,5 miliar untuk versi yang berdiameter lebih besar untuk mengangkut penumpang dan kendaraan—meskipun para analis transportasi memiliki keraguan jika sistem ini dapat dibangun pada budget dengan jumlah tersebut; beberapa analis menyatakan bahwa Hyperloop dapat melebihi budget hingga beberapa miliar dolar dikarenakan oleh pembangunan, pengembangan dan biaya operasinya.

Konsep Hyperloop telah dijadikan sumber yang sangat terbuka oleh Musk dan SpaceX, dan pihak-pihak lain pun dianjurkan untuk mengambil ide tersebut dan mengembangkannya lebih lanjut.

Hingga saat itu, beberapa perusahaan telah dibentuk, dan beberapa tim antar disiplin yang dipimpin oleh siswa-siswi tengah berusaha untuk memajukan teknologi tersebut. SpaceX sedang membangun sebuah rel berjarak subskala kurang lebih 1 mil (1,6 km) untuk perlombaan desain kapsul di kantor pusatnya yang berlokasi di Hawthorne, California.