Jakarta, KabariNews.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan penghargaan Bintang Jasa Utama kepada almarhum Stanley Ann Dunham, yang tidak lain merupakan ibunda dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.


Dalam pidatonya, Presiden SBY menjelaskan bahwa penganugerahan tersebut adalah bentuk ucapan terima kasih kepada Ann Dunham atas kecintaannya kepada Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk menganugerahkan Bintang Jasa Utama kepada almarhumah Stanley Ann Dunham. Saya sebagai Presiden Indonesia berkehormatan untuk memberikan bintang jasa ini kepada putra beliau dan sahabat saya, Bapak Barack Obama,” ucap Presiden SBY saat jamuan makan malam kenegaraan di Istana Negara, Selasa (9/11).

Semasa hidupnya, Ann Dunham diketahui sebagai salah seorang wanita Amerika yang sangat mencintai Indonesia.

Bahkan ia juga sempat melakukan penelitian di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mengenai peranan perempuan dan pemberdayaan sosial ekonomi.

Presiden SBY juga menjelaskan, bahwa hasil penelitian yang dilakukan Ann Dunham tersebut sangat membantu perkembangan ekonomi, khususnya di bidang mikrokredit kerakyatan.

“Hasil penelitian itu dituangkan dalam suatu karya ilmiah yang bermutu tinggi, mengenai peran perempuan dan mikrokredit di desa-desa. Visi dan hasil penelitian yang cemerlang itu banyak membantu komunitas intelektual dan pemerintah Indonesia dewasa ini, dimana mikrokredit dan kesejahteraan perempuan kini telah berkembang pesat,” tambah Presiden.

Sementara itu, Obama sendiri sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada almarhum ibunya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35886

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Klik di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________

Supported by :