Britania Raya — Seperti diberitakan oleh Warta Ekonomi dan beberapa media nasional lainnya, Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) bekerja sama dengan kantor Gubernur Bali dan Yayasan Manggala Widya Sastra telah meluncurkan “IDN Global Peduli Bali”. Inisiatif yang diprakarsai oleh Trigo Neo Starden, diaspora Indonesia yang bermukim di Inggris dan juga Direktur Media IDNG, bertujuan untuk menggalang bantuan dari segenap komponen diaspora Indonesia guna membantu masyarakat Bali yang terkena dampak aktivitas Gunung Agung. Inisiatif ini mendapat dukungan dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Pejabat Logistik Ni Wayan Kusumawathi, dan diapresiasi oleh Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

Beberapa pekan lalu, IDNG yang diwakili oleh Trigo bersama dengan Yayasan Manggala Widya menyerahkan satu (1) pick up truck berisi sumbangan bantuan berupa makanan, pakaian, dan peralatan mandi. Sumbangan tersebut dikirim ke depo logistik yang terletak di Karang Asem. Dalam penyerahan sumbangan, IDN Global dibantu oleh para relawan pelajar dari Royal-Bali Internusa Maritime Academy yang dipimpin oleh direkturnya yang juga pendiri Yayasan Manggala Widya Sastra, Gede Sumitra.

Selain membantu masyarakat di Karang Asem, IDNG juga menyantuni kaum difabel di Bengkala yang kehilangan penghasilan dari usaha tenun mereka akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung. Dalam beberapa minggu ke depan, IDN Global berencana mengirimkan berbagai bantuan emergency kit untuk kaum difabel di Tampak Siring berupa lampu LED, alarm/peluit, peralatan mandi, air bersih, dan berbagai macam makanan ringan.

Presiden IDNG Herry Utomo mengatakan bahwa tujuan IDN Global Peduli Bali adalah untuk meletakkan fondasi guna membangun sistem logistik dalam menyalurkan donasi diaspora Indonesia dari seluruh dunia untuk tanah air tercinta. Herry berharap agar koloborasi antara IDNG dan pemerintah daerah di Indonesia terus terbina bukan hanya di Bali saja, tetapi juga di daerah-daerah lain di tanah air. Herry juga mengajak segenap diaspora yang berkenan menyumbang untuk menghubungi kantor pusat IDNG di Menara Palma, Jakarta. (Sumber: laporan Trigo Neo Starden)