1. PASTIKAN SIAPA YANG MENAHAN ANDA

Ingat dan tulislah nama petugas dan instansi mereka (Police Department, FBI, ICE – Pihak Imigrasi), bersama dengan nomor identifikasi mereka dan plat nomor kendaraan bermotornya. Anda bisa memperoleh informasi ini di seragam atau mobil dinas mereka.

2. JANGAN MENANDATANGANI DOKUMEN SEBELUM BICARA DENGAN PENGACARA

Aparat pemerintah mungkin akan mencoba mengintimidasi atau memperdaya Anda untuk menandatangani surat. Jangan biarkan diri Anda diperdaya. Dengan menandatangani dokumen, Anda bisa-bisa sudah melepaskan hak Anda untuk hearing (sidang) di depan Hakim Imigrasi.

3. HUBUNGI PENGACARA ATAU ANGGOTA KELUARGA ANDA

Anda mempunyai hak untuk memakai telepon setelah Anda ditahan. Ingatlah nomor telepon Pengacara Anda, anggota keluarga, teman atau juru bicara serikat buruh Anda. Dan hubungi mereka segera.

4. HUBUNGI KONSULAT ANDA

Jika Anda adalah warga asing yang ditahan di Amerika Serikat, Anda punya hak untuk menghubungi konsulat Anda. Atau mintalah petugas deportasi untuk memberitahu konsulat negara asal tentang penahanan Anda. Tanyakan tentang daftar Kedutaan dan Konsulat negara Anda di AS. Pihak Konsuler bisa membantu Anda mendapatkan Pengacara atau membantu menghubungi anggota keluarga Anda. (Cek nomor telepon KBRI dan KJRI AS di Kabarinews.com)

5. MINTALAH BOND (JAMINAN UANG)

Begitu Anda dalam tahanan imigrasi, mintalah bond (bahkan jika Pihak Imigrasi mengatakan anda tidak bisa mendapatkan jaminan). Anda harus menunjukkan dan meyakinkan mereka bahwa Anda tidak akan berusaha kabur atau membahayakan masyarakat sekitar. Juga, dapatkan salinan Notice to Appear (Pemberitahuan untuk tampil di persidangan). Ini merupakan dokumen yang berisi tuduhan pelanggaran imigrasi terhadap Anda.

Panduan ini dikutip dari “Family Care Plan” yang dibuat oleh Presbyterian Church USA. Versi Bahasa Indonesia lebih lengkap bisa dicetak dan diperbanyak dari Kabarinews.com. (peter)

Saksikan vidoenya di www.KabariNews.com/?31444

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31464

Untuk melihat artikel imigrasi Amerika lainnya, Klik disini

Klik disini untuk baca artikel ini di majalah Kabari Juli 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Gihan Law Office