KabariNews – Setiap tahun, Departemen Luar Negeri AS membuka Program Diversity Immigrant Visa yang juga dikenal sebagai Green Card Lottery. Program Diversity Immigrant Visa (Program DV) ini setiap tahunnya memberikan 50.000 visa bagi individu yang diseleksi acak dari semua entri yang berasal dari negara-negara dengan tingkat imigrasi rendah ke Amerika Serikat.

Untuk memenuhi persyaratan agar dapat diterima di dalam program ini, pelamar setidaknya harus lulus sekolah tinggi dan telah bekerja minimal dua tahun selama lima tahun terakhir ini. Selain itu, telah memiliki mengikuti dua tahun pelatihan di profesi yang mereka pilih.

Jika entri Anda terpilih, Anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi Permanent Resident yang sah.

Masa pendaftaran undian Program Diversity Immigrant Visa 2016 akan berlangsung mulai dari 1 Oktober – 3 November 2014. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

1.Lengkapi formulir di pendaftaran secara elektronik (Formulir DS-5501 di www.dvlottery.state.gov/ tanpa biaya selama masa pendaftaran dari Departemen Luar Negeri AS (DOS).

2.Setelah Anda selesai mengisi entri, Anda akan melihat konfirmasi yang berisi nama dan nomor konfirmasi unik. Print konfirmasi ini sebagai catatan Anda. Sangat penting menyimpan nomor konfirmasi Anda baik-baik. Ini adalah satu-satunya cara Anda dapat memeriksa status entri Anda. Anda pun akan memerlukannya untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut atau menjadwalkan wawancara visa jika Anda terpilih.

Mereka yang mengikuti program tahun lalu dapat memeriksa status aplikasi mereka di situs Departemen Luar Negeri di link di bawah (hasil undian DV 2015 sekarang tersedia).
www.dvlottery.state.gov/ESC/(S(pqjck4wo1qzyamwpm20a0tld))/default.aspx

Untuk informasi instruksi Program DV-2016 uctionin link di bawah ini travel.state.gov/content/visas/english/immigrate/diversity-visa/instructions.html

Ditulis dan dikaji oleh Jason Y.Lie
Kantor Pengacara Jason Y. Lie
Los Angeles, California