KabariNews – Presiden Obama mengumumkan reformasi imigrasi pada Kamis, 20 November 2014 adalah tindakan eksekutif yang paling membentang selama puluhan tahun ini. Dengan demikian, telah memberikan bantuan sekitar 4,1 juta orang tua berstatus imigran gelap dari anak-anak warga AS dan sekitar 300.000 anak-anak imigran gelap yang memasuki ke AS secara ilegal. Persyaratannya, mereka harus lolos tes dulu, bebas dari latar belakang kriminalitas dan juga membayar pajak. Dengan demikian, mereka bisa tinggal sementara di AS, tanpa takut dideportasi.

Beberapa langkah segera berlaku, sementara reformasi lainnya akan memakan waktu lebih lama. Beberapa reformasi dikaitkan dengan Aksi Penanguhan tidak akan sepenuhnya dilaksanakan dalam masa enam bulan. Setelah itu, aplikasi baru dapat diterima.

1. Perluasan Program DACA–Batas usia 31 tahun untuk Aksi Penangguhan atas kedatangan anak (DACA) akan dihapus. Individu harus telah hadir di AS pada 1 Januari 2010 (bukan pada 15 Juni 2007) untuk memenuhi syarat, dan sebelum mencapai usia 16 tahun ketika memasuki AS. Izin kerja dari DACA sekarang akan dikeluarkan selama 3 tahun, bukan 2 tahun. Individu harus ada di AS pada 20 November 2014 dan berstatus imigran ilegal. Periode pengaplikasiannya dimulai dalam waktu 90 hari, mulai dari 20 November 2014.

2. Aksi Penangguhan untuk Orang tua atau istilah resminya bernama Deferred Action for Parental Accountability (DAPA).
Dimaksudkan, orang tua dari anak-anak/orang-orang muda yang menerima DACA tidak akan mendapat manfaat apa pun di bawah kebijakan baru Presiden. Namun, orang tua tertentu berstatus imigran gelap yang memiliki anak warga negara Amerika atau penduduk tetap Amerika yang sah berhak untuk tidak dideportasi dan memperoleh izin kerja.
Usia anak tidak penting. Sebagai contoh, jika Anda berusia 55+ tahun dan anak-anak lahir di AS, Anda mungkin memenuhi persyaratan untuk DAPA. Untuk memenuhi syarat tersebut, individu perlu berada di AS sejak 1 Januari 2010 dan berstatus imigran gelap pada 20 November 2014.
Adapun pemeriksaan latar belakang akan sama dengan yang untuk aplikasi DACA. Ini termasuk dengan orang-orang yang dalam removal process atau final order of removal. Periode aplikasi akan dimulai pada Musim Semi 2015.

3. Pengampunan sementara kepada imigran gelap, yang resminya dinamakan Provisional Waivers of Unlawful Presence.
Program ini akan diperluas untuk mencakup pasangan dan anak-anak dari penduduk tetap sah, serta anak-anak dewasa dari warga AS dan penduduk tetap sah. Selain itu, USCIS (United States Citizenship and Immigration Services) akan lebih memperjelas “Extreme hardship” yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pengampunan.

4. Manfaat untuk kalangan pekerjaan (Employment-Based atau EB) – Manfaat yang dijanjikan datang dalam waktu satu tahun, karena mereka membutuhkan modifikasi dalam regulasi mereka. DHS akan bekerja untuk menentukan kondisi di mana pengusaha dan pekerja asing dapat tinggal di Amerika Serikat, mengingat masuknya mereka akan menghasilkan manfaat ekonomi masyarakat.

5. Surat Jalan (Advance Parole). Sebuah memo baru dan peraturan tentang Surat Jalan (Advance Parole) telah dikeluarkan, yang membahas tentang isu-isu yang diterapkan dalam Masalah Arrabally-Yerrabelly.

6. Parole-in-Place – Manfaat ini akan diperluas untuk mencakup anggota keluarga dekat orang mendaftar di angkatan bersenjata. Peraturan baru akan ditentukan dalam beberapa bulan mendatang.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai reformasi imigrasi ini dan merasa berlaku untuk kasus Anda, jangan ragu menghubungi kantor kami untuk bantuan lebih lanjut. Terima kasih.

Law office of Jason Y. Lie
(213) 382-0033
Jason@liegal.com