IMG_9541KabariNews – Sebagai hasil dari hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan para importir, Konsulat Jenderal RI dan Indonesia Trade Promotion Center di Los Angeles kembali mengapresiasi para importir Amerika Serikat (AS). Kali ini penghargaan Trade with Remarkablel Indonesia Award 2016 diberikan kepada 17 importir di kawasan California dan sekitarnya.

Selama masa tugasnya di Los Angeles, Konsul Jenderal RI di Los Angeles Umar Hadi telah melakukan penjajakan secara proaktif melalui program “door-to-door marketing” pada tahun 2014-2016 kepada para importir AS yang mengimpor berbagai macam produk utama dan unggulan dari Indonesia seperti furniture, kopi, teh, makanan dan minuman, kertas, elektronik dan produk tekstil. Hasilnya adalah 17 penerima Trade with Remarkable Indonesia Award 2016 ini.

Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi menyampaikan apresiasinya kepada para importir AS. Apresiasi oleh perwakilan pemerintah Indonesia kepada importir AS, sebagai mitra dagang, merupakan suatu upaya penting. Award ini adalah tanda kerjasama dan pemberian dukungan kepada mereka, agar hubungan perdagangan dapat terus dibina dengan baik,” ujar Umar Hadi,

Lebih lanjut Hadi menjelaskan penghargaan ini diberikan kepada para importir yang berkontribusi dan berperan penting dalam mempererat dan meningkatkan hubungan dagang antara Indonesia dan AS. “Kriteria penerima penghargaan diberikan kepada perusahaan yang menjadi pelopor pemasaran produk Indonesia di AS semenjak 10-30 tahun lalu, yang bekerja sama dengan UKM dan pengerajin, serta yang memberikan inovasi baru dalam teknologi dan desain produk Indonesia, perusahaan yang berkomitmen mengimpor produk Indonesia berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, serta tren impor produk Indonesia selama lima tahun terakhir selalu meningkat” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu penerima penghargaan, Pepe Landa, Global Footwear Chairman dari Rip Curl menyatakan rasa bangganya atas penghargaan yang diberikan. “Perusahaan kami sangat merasa terhormat mendapatkan penghargaan ini. Kami sudah mengimpor dari Indonesia selama lebih 12 tahun dan berkomitmen untuk terus membina hubungan bisnis dengan Indonesia” katanya. Pepe juga mengaku sangat puas dengan kualitas yang dihasilkan para produsen Indonesia.

DSC_0448Acara penghargaan yang bertajuk Buyers Appreciation Award, diadakan di Konsulat Jenderal RI di Los Angeles dan dihadiri oleh sekitar 80 undangan dari kalangan importir AS, pemerintah AS setempat, asosiasi, komunitas bisnis, dan Diaspora Indonesia. Seluruh hadirin menyambut baik inisiatif acara ini.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada KJRI LA dan ITPC LA untuk pemberian apresiasi ini dan membuat kami semakin terpacu untuk memasarkan produk Indonesia di AS,” ujar Melanie Halim, dari Novo International LLC. yang juga merupakan Diaspora Indonesia di California.

Kepala Trade Promotion Center Los Angeles, Arief Wibisono menyampaikan, selanjutnya dari 17 perusahaan, 12 diantaranya akan diusulkan untuk mendapat Primaduta Award 2016 yang akan diserahkan pada pembukaan Trade Expo Indonesia ke 31 di Jakarta pada Oktober mendatang.  ”Kedua belas perusahaan yang dinominasikan sebagai importir terbaik di dunia tersebut mengimpor produk Indonesia pada tahun 2015 dengan nilai lebih dari USD 430 juta” katanya.

Los Angeles merupakan pintu utama masuknya produk Indonesia ke AS. Berdasarkan data Global Trade Atlas, impor produk Indonesia tahun 2015  mencapai USD 5,2 miliar.

DSC_0912

Perusahaan yang menerima penghargaan Trade with Remarkable Indonesia 2016 adalah:

  • American Furniture Manufacture Inc. (Produk Furniture)
  • Bali Queen (Produk Garmen dan Aksesoris)
  • Castle Apparel Group (Produk Garmen)
  • Charta Global (Produk Kertas)
  • D’art Collection (Produk Furniture)
  • Empire International (Produk Makanan dan Minuman)
  • Jans Enterprise (Produk Makanan dan Minuman)
  • Novo International LLC (Produk Teh)
  • Pantai Inn (Produk Furniture dan Home Decor)
  • Red Chambers (Produk Seafood)
  • Rip Curl (Produk Alas Kaki)
  • Royal Pacific Industry (Produk Kopi)
  • Royal Coffee Inc (Produk Kopi)
  • Selamat Designs (Produk Furniture)
  • Solaris Paper (Produk Tisu)
  • Takari International (Produk Makanan dan Minuman)
  • Tripper (Produk Rempah-Rempah)