KabariNews – Indonesia menjadi fokus utama perhatian ratusan pengusaha pada 13th Annual Business Expo US Pan Asian American Chamber of Commerce Education Foundation (USPAACC) Southwest, 15 Agustus 2014 lalu di Arlington Convention Center, Arlington, Texas. Acara ini merupakan wadah pertemuan calon suplier perusahaan Asia dengan perusahaan raksasa di kawasan south west yang dihadiri lebih dari 400 pengusaha dari perusahaan di kota Arlington, Dallas dan Forthworth.

Indonesia melalui Indonesia Trade and Investment Zone yang memiliki booth terbesar di seluruh pameran, menjadi salah satu tema besar kegiatan expo ini. “Kami menyambut baik kehadiran Indonesia pada tahun ini dan berharap pengusaha Arlington agar memanfaatkan sebesar-besarnya untuk mengetahui dan menggali potensi bisnis dengan para pengusaha Indonesia” tegas Grace Mcdermott, Presiden USPAACC-SW dalam pidatonya pada saat pembukaan expo.

Zona Indonesia tersebut merupakan hasil kerjasama antara Konsulat Jenderal RI di Houston, Indonesia Investment Promotion Centre dan perwakilan Bank Rakyat Indonesia di New York, serta dihadiri oleh sejumlah pengusaha Indonesia yaitu American Furniture Manufacture, Aeroproc, dan PT. Indofood. Ketua Indonesia America Business Council, Harry Chou juga berkesempatan hadir dan berkunjung di kegiatan ini.

Para pengusaha Indonesia yang hadir pada kegiatan ini juga  memanfaatkan keikutsertaannya untuk menggali potensi bisnis dari para perusahaan besar dan perwakilan pemerintah kota yang membuka kesempatan pengadaan untuk para pengusaha Asia di acara ini seperti kota Dallas, Kota Arlington,Lockheed Martin, Verizon, Wells Fargo, Six Flags, Fritolay, Pepsico, Seven Tables, NSI, Texas Instruments, SPI dan GRMI. “Kita mengundang para pengusaha Indonesia ke pameran ini agar dapat mempenetrasi produk Indonesia di perusahaan besar di kawasan selatan” ujar Acting Konjen RI di Houston, Isman Pasha.

Selain Expo dan temu bisnis, kegiatan tahunan ini juga menyelenggarakan sesi View From the Top yang menghadirkan pembicara dari berbagai institusi, salah satunya adalah Ibu Made Marthini, Atase Perdagangan (Atdag) Indonesia di Washington DC. Dalam kesempatan ini, Atdag menyampaikan alasan untuk membuka hubungan bisnis dengan Indonesia yang saat ini merupakan salah satu negara dengan peningkatan ekonomi terpesat di dunia (6 persen). Dengan sumber daya alam tinggi, peraturan yang semakin mendukung sektor bisnis dan terbukanya potensi investasi khususnya di bidang infrastruktur, Indonesia menjadi magnet bagi para pengusaha. Atdag juga mengudang para pengusaha untuk datang ke Trade Expo Indonesia pada bulan Oktober 2014 yang menjadi showcase produk-produk terbaik Indonesia.

Keikutsertaan Indonesia pada Annual Business Expo USPAACC-SW merupakan yang pertama kalinya pada tahun 2014. Namun melihat besarnya minat pengusaha Arlington, Dallas dan Fortworth membuka hubungan dengan pengusaha Indonesia dan besarnya peluang bisnis bagi pengusaha Indonesia dalam pengaadaan perusahaan besar di kegiatan ini, keikutsertaan Indonesia akan dilanjutkan kembali tahun-tahun mendatang dengan mengundang lebih banyak lagi para pengusaha Indonesia di AS.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keikutsertaan Indonesia di Annual Business Expo dapat dilihat di website www.indonesiahouston.net. atau menghubungi Bagian Ekonomi KJRI Houston di trade@indonesiahouston.net.