Memperingati Hari Perdamaian Internasional pada 21 September mendatang, sebuah ajang festival film berkala Internasional  untuk pertama kalinya akan digelar. Festival film yang mengangkat tema perdamaian, inspirasi dan persamaan itu akan digelar di Jakarta.

Ajang internasional Film Festival For Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE) merupakan festival film bergengsi yang bertemakan perdamaian dunia. Acara ini terselenggara berkat kerjasama  IFFPIE dengan World Peace Movement (WPM). Sekitar 500 peserta dari berbagai negara ikut ambil bagian dalam ajang bergengsi ini, diantaranya Palestina, Israel, dan Amerika Serikat.

WPM adalah organisasi perdamaian yang memiliki misi untuk menciptakan kesadaran terhadap perdamaian untuk seluruh rakyat dunia. Ketua WPM, Sofia Koswara menyatakan festival tersebut sengaja dibuat sebagai bentuk perwujudan visi dan misi WPM. “Film yang diikutsertakan ini adalah film-film yang berkualitas dari berbagai negara yang  ceritanya mempunyai kesamaan misi dengan WPM yakni mengandung tema Perdamaian,” ungkap Sofie Koswara.

Seleksi sudah dibuka sejak tahun lalu, tepatnya sejak April 2011, dan dari 500 peserta sudah terpilih 92 judul film berhasil masuk final. “ Ada 92 film yang lolos ke final. Hasil itu berdasarkan penjurian yang dilakukan Damien Dematra, Sofia Koswara, Ron Mullers dan Mark Olsen. Hanya saja tidak semua film akan ditayangkan karena isunya terlalu sensitif,” papar Sofia.

Lebih lanjut Sofie mengatakan bahwa pemenang dari masing-masing kategori yang dilombakan akan ditayangkan di beberapa bioskop, perguruan tinggi, kedutaan besar dan sekolah di Indonesia. “Pemenang dari masing-masing kategori akan kita tayangkan di beberapa bioskop besar di tanah air, perguruan tinggi, kedutaan besar, dan berbagai sekolah di Indonesia mulai 30 Agustus-30 September 2012,” ungkap Sofie. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?48689

Untuk melihat artikel Film lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :