Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, tak ingin kalah dengan kualitas kopinya di tahun ini Indonesia kembali unjuk gigi di pameran Annual Speciality Coffee Association of Amerika (SCAA) ke 25, yang akan diselenggarakan di Boston, Amerika Serikat pada 12-14 April 2013.

SCAA merupakan ajang salah satu pameran kopi  terbesar di Amerika  yang diikuti oleh berbagai negara di dunia. SCAA beranggotakan lebih dari 3000 anggota yang meliputi para penghasil, eksportir, pembeli seperti dari roasters dan importers, juga pelaku usaha pengemasan, pabrik, ritel, perusahaan peralatan perlengkapan penyaji kopi.

Dalam keterangan siaran pers tertulisnya (8/4), Atase Perdagangan Washington DC, Ni Made Ayu Martini mengatakan, pada pameran ini Indonesia mengirimkan kopi terbaiknya dari khas daerah seperti kopi Gayo, Lintong, Arabica Bengkulu. Ada kopi Toraja dari Sulawesi, kopi Kintamani dari Bali, kopi Wamena dari Papua, kopi Bejawa dari Flores dan Jawa.

Aneka kopi terbaik Indonesia tersebut akan diboyong oleh enam perusahaan kopi besar asal Indonesia, diantaranya adalah PT Asia Mina Sejahtera, PT Coffindo, Serba Usaha Kondon Cooperatives, CV Harapan Bersama, PT Gunung Lintong,  dan PT Sabani Internasional. Tak mau ketinggalan, empat Perkebunan Pemerintah pun ikut serta dalam pameran bertaraf internasional ini, yaitu PT Perkebunan Nusantara XII, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perkebunan Provinsi Papua.

Tema ‘Trade with Remarkable Indonesia’ akan menjadi identitas Indonesia yang akan terpasang di paviliun Indonesia saat pameran.

Pameran ini terselenggara bukan hanya menjadi ajang promosi tapi juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan perkembangan terbaru produk kopi yang beraneka ragam. Kegiatan dalam pameran tidak hanya memamerkan produk unggulan dari suatu negara, tapi banyak rentetan acara seperti, symposium, setifikasi kopi, workshop, pemberian penghargaan kepada penyaji kopi melalui US Barista Championship dan Potrait Country Program.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54611

Untuk melihat artikel Amerika / Exclusive lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :