KabariNews – Pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan dana sebesar 1 Juta Dolar Amerika kepada Pemerintah Australia guna membantu menangani bencana banjir yang melanda wilayah Queensland, Australia.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima redaksi KabariNews.com, Rabu (12/01), bantuan ini diberikan kepada Pemerintah Australia melalui program Queensland Premiere’s Disaster Relief Appeal Fund, yang dibentuk Pemerintah Queensland untuk membantu dan meringankan beban yang dihadapi para korban bencana banjir dan keluarganya.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan bantuan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Australia, Kevin Rudd, melalui percakapan melalui telepon, Rabu (12/01).

Kedua negara selama ini telah saling membantu dalam menghadapi bencana alam.

Seperti sebelumnya, Pemerintah Australia telah memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia ketika Indonesia ditimpa bencana alam di daerah Mentawai dan bencana letusan Gunung Merapi.

Sebaliknya, Pemerintah Indonesia juga telah memberikan bantuan saat terjadi bencana kebakaran hutan di negara bagian Victoria pada tahun 2009.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, Jumat (14/01), sekitar 126 warga Indonesia yang berada di lokasi bencana telah dievakuasi dari kediaman mereka dan saat ini berada di 16 posko pengungsian.