KabariNews – Jika Anda seorang yang sangat sibuk bekerja dan merasa penat, maka berlibur adalah pilihan yang sangat tepat. Sangat banyak tempat wisata indah di Indonesia yang dapat dieksplor. Liburan seakan memang menjadi kebutuhan primer dewasa ini. Segala keindahan destinasi wisata dapat dengan mudah kita lihat di internet, apalagi dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia tahun 2015 yang telah mencapai angka 34.9%. Namun, sisi buruknya terkadang internet juga membuat orang terlalu ketergantungan dan lupa akan esensi dari liburan itu sendiri. Ditambah lagi, dengan adanya internet, Anda tetap dapat menerima email pekerjaan sehingga merusak liburan. Untuk liburan yang akan datang, mengapa tidak mencoba untuk pergi ke destinasi yang tidak memiliki sinyal internet agar liburan terasa lebih sempurna? Berikut referensinya untuk Anda:

  1. Wae Rebo, NTT

Adalah nama sebuah kampung yang terletak di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT. Untuk sampai di desa ini, Anda harus mendaki selama kurang lebih 4 jam dari Denge yang merupakan desa terdekat dari Wae Rebo. Mengapa harus mendaki? Karena Wae Rebo berada di balik bukit dan hanya bisa diakses dengan jalan kaki, dengan medan yang bervariasi. Jika akan berkunjung kesini, sangat disarankan untuk mempersiapkan stamina Anda. Tetapi, begitu sampai di lokasi, segala lelah Anda akan sirna melihat keindahan yang luar biasa dan rasanya sinyal internet menjadi tak terlalu penting lagi. Desa Wae Rebo juga merupakan satu-satunya tempat yang masih memiliki Mbaru Niang (rumah kerucut dengan atap ijuk yang khas).

  1. Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau ini masih terletak di dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Di sini, Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan rusa. Selain rusa, ada pula babi hutan dan gerombolan monyet yang siap menyambut kedatangan Anda. Namun tak perlu khawatir akan keberadaan mereka, karena hewan-hewan itu sudah jinak dan terbiasa dengan kedatangan manusia. Air yang bening dengan gerombolan ikan warna-warni pasti membuat Anda ingin segera berenang dan menikmati keindahan bawah lautnya. Segera masukkan Pulau Peucang ke dalam list liburan Anda berikutnya!

  1. Takabonerate, Sulawesi Selatan

300 kilometer dari Makassar, terdapat sebuah surga dunia yang memiliki hamparan karang laut terbesar ketiga di dunia. Takabonerate siap memanjakan Anda para wisatawan dengan keindahan bawah lautnya yang eksotis. 362 spesies ikan siap menyambut kehadiran Anda. Meski jauh dan tidak terdapat sinyal ponsel di sini, tetapi segalanya akan terbayar ketika melihat pemandangan maha cantik. Selain menyelam, Anda juga dapat melakukan kegiatan seru lainnya seperti voli pantai, berjemur serta memancing. Takabonerate memang sangat pantas untuk dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.

  1. Pulau Una-una, Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tengah menyimpan sebuah destinasi liburan yang masih belum terjangkau. Pulau Una-una, yang terbentuk dari letusan Gunung Colo pada tahun 1983 ini merupakan rumah bagi ikan barakuda, ikan napoleon juga ikan pari. Anda juga dapat mendaki Gunung Colo dan mencapai puncaknya dalam waktu 3 jam jika keadaannya memungkinkan. Gunung yang satu ini juga masih aktif hingga saat ini. Hanya ada satu tempat menginap jika Anda berkunjung kesini, yaitu Sanctum.

  1. Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Ombak di bagian Selatan Pulau ini cukup ganas, mengingat letak pulau ini berada di Samudera Hindia. Di sini Anda bisa menemukan pemandangan yang sangat indah dan belum tersentuh modernisasi sama sekali. Pulau Siberut juga merupakan rumah bagi Suku Mentawai. Hutan tropis di pulau ini masih sangat alami dan pulau ini juga telah dinobatkan sebagai Cagar Alam Biosfer oleh UNESCO. Bila ingin menginap di sini, Anda bisa memilih untuk tidur di penginapan dekat Taman Nasional Siberut atau di rumah penduduk setempat. (1009)