Melbourne, KabariNews.com – Dalam beberapa bulan terakhir, situs Wikileaks tengah mendapat sorotan dari berbagai negara di dunia, khususnya oleh negara pimpinan Barack Obama, Amerika Serikat.

Pasalnya,  situs yang mulai diluncurkan sejak tahun 2006 ini secara terbuka telah berani membeberkan dokumen-dokumen rahasia negara Paman Sam ini.
Selain memblokir situs tersebut, pihak keamanan Amerika Serikat saat ini juga tengah mengejar Julian Assange, yaitu pimpinan Wikileaks.
Melalui sebuah media massa Australia, The Australian, Rabu (8/12), Julian Assange menuturkan alasannya terkait penerbitan dokumen-dokumen rahasia di situs miliknya ini.
Menurutnya Wikileaks saat ini tengah menjalankan satu misi penting, yaitu, mempublikasikan fakta atau kenyataan yang perlu diketahui oleh publik tanpa harus merasa takut. Karena masyarakat yang demokratis membutuhkan suatu media yang kuat, dan Wikileaks adalah bagian dari media.
“Media membantu jalannya pemerintahan untuk tetap jujur. Wikileaks telah mengungkapkan beberapa kenyataan mengenai konflik di Irak dan Afganistan, serta membongkar kasus tentang korupsi korporasi,” tulis Assange seperti dilansir CNN.

Assange menambahkan, selain Wikileaks, dokumen yang dibocorkannya tersebut juga telah diterbitkan oleh beberapa media utama dunia, seperti The New York Times (AS), El Pais (Spanyol), The Guardian (Inggris), dan Der Spiegel (Jerman).
Namun ia bertanya-tanya, mengapa hanya medianya saja yang mendapat serangan dan tuduhan dari pihak pemerintah Amerika Serikat dan sekutunya.

Beberapa dokumen rahasia yang telah diterbitkan Wikileaks di antaranya adalah mengenai serangan helikopter milik Amerika Serikat jenis Apache di Irak, email calon presiden AS 2008 Sarah Palin, data pager serangan 11 September, serta standar operasi penjara Guantanamo.
Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36067

Untuk

melihat artikel Utama lainnya, Klik
di sini

Klik

di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon

beri nilai dan komentar di bawah artikel ini


_______________________________________________________________

Supported

by :