KabariNews – Rasa pedas identik dengan cabai, dan biasanya jenis sayur ini diolah menjadi campuran untuk makanan atau masakan. Bagi penggemar pedas, rasanya hambar jika menyantap makanan tanpa ada sentuhan cabai.

Di Indonesia, cabai yang terkenal pedas adalah cabai dari Toraja, Manado, dan Flores, spesies cabai tersebut sudah terbukti memiliki kepedasan yang luar biasa. Tapi nampaknya masih ada yang lebih pedas, yaitu Bhut Jolokia. Bahkan kepedasannya pun tercatat di Guiness Book of Records pada 2007.

Cabai asal India ini bukanlah cabai sembarangan, tingkat kepedasannya 1000 kali lipat dari cabai
yang kerap dimakan para penggila pedas pada umumnya. Mau coba?

Bhut Jolokia memiliki tingkat kepedasan 1.041.427SHU (Scoville Heat Unit), memiliki nama lain ghost paper atau cabai setan. Sebelumnya, cabai terpedas di dunia adalah Red Sawina yang memiliki tingkat kepedasan 577.000 SHU.

Karena pedasnya yang dasyat dan tahan lama, para ilmuwan India memanfaatkan Bhut Jolokia menjadi granat berisi serbuk cabai dan bahan gas air mata.

Tapi pada 2010, inggris mengklaim bahwa cabai terpedas didunia adalah infinity chili, hal itu dibuktikan karena tingkat kepedasan cabai asal Inggris tersebut mencapai 1.067.286 SHU. Untuk itu Bhut Jolokia harus puas menduduki urutan nomor dua setelah Infinity Chili.

Penasaran dengan cabai terpedas di dunia? Berikut ini ada salah satu dokumentasi tes kepedasasan Bhut Jolokia.  Klik video