KabariNews – Jalan-jalan ke suatu daerah di Indonesia, rasanya ada yang kurang apabila tidak menyempatkan diri untuk melihat sesuatu yang khas di daerah tersebut yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Ya! apakah itu makanannya, hasil lokal produknya atau yang lainnya.

Nah, jika Anda sedang ingin ke Cirebon atau berada di Cirebon, jangan lupa untuk melihat Batik khas Cirebon. Kota  ini selain terkenal dengan daerah wisata dan makanannya, Cirebon merupakan salah satu kota di daerah Jawa Barat yang memiliki tujuan wisata batik, selain yogyakarta, Solo dan Pekalongan.

Batik Cirebon mempunyai motif batiknya tersendiri, bernama  Megamendung yang merupakan karya seni batik yang kini menjadi ikon batik di daerah Cirebon. Motif Megamendung sebagai motif dasar batik yang sudah dikenal luas sampai ke mancanegara, kekhasan motif Megamendung tidak saja pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas, akan tetapi juga ada nilai filosofi yang terkandung di dalam motifnya.

Motif yang melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat menarik. Dan sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah datangnya bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. .

Penasaran dengan Motif batik Megamendung? Anda dapat berkunjung ke salah satu tempat yang menyediakan Batik Cirebon, bernama  Pusat Grosir Batik Trusmi, Jalan Trusmi Kulon No 148 Plered, Cirebon, Jawa Barat.