berat badan

Sudah mencoba diet, tapi berat badan nggak turun-turun, kenapa?

Banyak makan tapi jarang beraktivitas fisik, ya terang saja badan bisa bertambah besar. Tapi tak dipungkiri, bagi mereka yang sudah mencoba diet dan mengurangi makan pun berat badan malah bertambah! Anehnya lagi, ada orang yang makannya banyak tapi badannya tetap langsing. Jangan sebel dulu, ternyata memang ada penyebab dibalik beragamnya berat badan tiap orang. Tenang semua pasti ada solusinya, untuk itu harus menggali beberapa upaya yang sudah diterapkan dan belajar mencari solusinya.

Akibat kompak

Saking dekatnya kita dengan sahabat atau keluarga, berbagai kebiasaan pun bisa-bisa jadi seragam, contohnya dengan kebiasaan makan, meskipun jadwal makan kita dengan sahabat atau keluarga berbeda, tapi tanpa sadar kita bisa terbawa, misalnya saat menonton televisi atau DVD berang. Bisa saja kita comot cemilan yang saat itu sengaja disiapkan untuk teman menonton, atau di ketika di kantor, ada teman yang membawa snack. Jangan bohong kita juga ingin mencoba mencicipinya. Nah, kalau sudah begitu akan terus menjadi kebiasaan. Ingat ada pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Langkah tepatnya :
Banyak orang bilang kebiasaan buruk itu paling gampang menular. Jadi kunci untuk menghindar ketularan hobi makan adalah menguatkan diri kita. Kalaupun kita masih tergoda, cari cara aman, misalnya sahabat atau keluarga hobinya makan snack, nah kita ‘ngemil’ buah-buahan saja.

Kebiasaan tidur
Banyaknya pekerjaan di kantor atau di rumah sering kali membuat jadwal tidur terganggu, padahal kurang tidur atau jadwal yang terlalu sering berubah bisa menimbulkan gangguan hormon dan metabolisme tubuh. Akibatnya kita sering terbangun tengah malam dengan perut lapar, padahal nggak pernah absen makan.

Langkah tepatnya :
Tubuh akan bereaksi sesuai kebiasaan kita shari-hari. Misalnya kita terbiasa makan jam 12, dijamin jam segitu kita akan merasa lapar lagi, begitu juga dengan kebiasaan makan tengah malam, kalau kita menuruti begitu saja ‘permintaan’ perut, lama-lama tubuh akan terbiasa diberi makan tiap tengah malam. Kalau hanya sekedar lapar, jangan langsung makan banyak, apalagi yang manis-manis, cukup minum air putih hingga perut terasa agak penuh penuh. Lama-lama rasa lapar akan hilang dengan sendirinya, karena sebenarnya saat tidur kita tidak butuh banyak energi.

Pesta diakhir pekan
Di hari kerja jadwal makan kita cukup teratur, diantara waktu makan pun kita sering disibukan pekerjaan sehingga nggak sempat ‘ngemil’. Beda lagi kalau diakhir pekan, biasanya jumat sore kita sudah memikirkan cemilan apa yang harus ada untuk berakhir pekan. Akibatnya diet berantakan dan hari libur diisi dengan ‘ngemil’ seharian.

Langkah tepatnya :
Sebenarnya sih nggak dosa ‘ngemil’ sepanjang akhir minggu, lagi pula setelah 5 hari bekerja keras layak jika tubuh sedikit dimanjakan. Tapi ada baiknya pilih juga cemilan dan makanan kita diakhir pekan, masukan lebih banyak buah-buahan  ke dalam daftar menu akhir pekan. Jadi kita bisa ‘ngemil’ tanpa harus membuat badan melar.

Minuman manis
Paling enak kalau di hari yang panas kita minum soda dingin atau es sirup. Tenggorokan terasa langsung segar! Enak sih, tapi tahukah Anda, kalau soft drink mengandung banyak banget gula dan kalori? Faktanya dengan terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis malah bisa membuat kita lebih mudah lapar.

Langkah tepatnya :
Minuman bergula bisa meningkatkan gula darah secara tiba-tiba dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kita ‘ketagihan makanan’ dan minuman yang manis-manis. Bukan cuma soft drink, tapi sirup, minuman energi, jus buah dalam kemasan juga mengandung gula cukup tinggi. Bukan berarti kita anti soft drink, tapi jangan berlebihan, karena kalori dalam minuman manis sangat tinggi jadi lebih baik jika kita mengurangi mengkonsumsi minuman berkadar tinggi gula. Nah, untuk menghilangkan rasa haus ada baiknya kita lebih banyak mangkonsumsi air putih.

Pengaruh AC
AC sudah menjadi kebutuhan utama gedung-gedung di kota besar bahkan di rumah-rumah. Memang sih, bikin kita nyaman, tapi repotnya ada gedung perkantoran atau rumah yang menyetel AC pada suhu rendah, akibanya kita jadi kedinginan. Dingin kadang membuat perut kita terasa lapar dan sering kali membuat kita ingin ‘ngemil’.

Secara teori, kita cenderung ingin selalu mengunyah saat kedinginan. Ini terjadi karena kita berusaha menghangatkan tubuh melalui pembakaran kalori dalam makanan. Kalau kita membiasakan diri ngemil di jam kantor, jangan heran kalau badan kita nggak turun-turun.

Langkah tepat :
Menghadapi kondisi seperti ini, sebaiknya kita melakukan lebih banyak aktivitas fisik untuk menghangatkan tubuh, misalnya setelah satu jam duduk, sempatkan untuk jalan-jalan meregangkan tubuh sambil minum air putih atau teh tawar. Kondisi ini juga berlaku di rumah, makanya atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin.

Nah, kini kita sudah tahukan misteri dibalik berat badan kita. Coba teliti, faktor mana yang kita alami dan segera lakukan langkah tepat agar usaha diet dan jaga berat badan tidak sia-sia lagi.

Untuk share artikel ini, Klikwww.KabariNews.com/?59047

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan