Tidak ada yang menyangka peringatan Marathon Boston ke 117 di Boston, Massachusetts, pada 15 April 2013  diwarnai dengan insiden berdarah. Tiga bom meledak di garis finis marathon dan menewaskan 3 orang sementara ratusan orang terluka termasuk anak-anak. Ledakan bom mengakibatkan sedikitnya 17 orang dalam kondisi kritis dan 10 orang harus diamputasi.

Diperkirakan ledakan terjadi pada pukul 15.00 waktu setempat, ledakan terjadi dalam selisih waktu beberapa detik dekat garis finis. Para pelari yang akan mencapai garis finis dikejutkan dengan ledakan, sorak sorai penonton yang awalnya memberi semangat berubah menjadi teriakan dan kepanikan.  Dua bom yang siap meledak berhasil dijinakan. 1 Bom ditemukan di sebuah hotel yang terletak di Jalan Boylston dekat lokasi ledakan maraton, sementara satu lainnya ditemukan di lokasi yang dirahasiakan.

Menyusul ledakan yang terjadi tengah Boston Marathon, Obama menggelar konferensi pers untuk merangkul semua elemen agar bersatu menghadapi insiden berdarah yang sudah disebut FBI sebagai serangan teroris. Obama mengajak seluruh pejabat baik dari Partai Demokrat maupun Republik untuk bekerjasama demi rakyat Amerika.  Ia juga mengaku sudah menghubungi Gubernur Deval Patrick dan Wali Kota Boston Tom Menino, agar seluruh sumber daya federal bisa dikerahkan untuk merawat para korban.

Mengantisipasi serangan terjadi di tempat lain, kota-kota  besar di AS mulai New York sampai Los Angeles berada dalam status siaga. Di Washington, Gedung Putih pun pengamanannya diperketat. Dinas Rahasia As pun telah membentuk ‘garis batas aman’ yang lebih lebar untuk menghindarkan jangkauan orang asing. Petugas patroli berjaga lengkap dengan senjata.

Di Los Angeles, pengamanan Bandara Internasional diperketat. Sampai saat ini masih belum diketahui siapa pelaku peledakan bom dan alasannya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54832

Untuk melihat artikel Amerika / Exclusive lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :