Jakarta, KabariNews.com – Tiga belas anggota paduan suara Indonesia terkena virus A H1N1 di Korea Selatan.

Rombongan paduan suara Indonesia datang ke Korea Selatan untuk mengikuti World Choir championship (WCC) 2009 yang digelar hingga 17 Juli 2009 mendatang.

Rombongan yang berjumlah 336 orang ini tiba di Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 7 Juli.

Peserta Indonesia yang berjumlah 336 orang ini terdiri dari 9 grup paduan suara dari 12 grup yang direncanakan hadir. Paduan suara dunia tersebut yaitu; Paduan Suara (PS) Interna Jog’s VoiceYogyakarta (32 orang), PSM Universitas Hasanuddin Makassar (32 orang), Bitung City Chorale (43 orang), Vocafista Angels (51 orang), PSM Universitas Negeri Manado (34 orang), Elfa Music School (83 orang), Gorontalo Inovasi Choir (34 orang), PS Timutiwa (32 orang), dan Riau Female Choir (25 orang).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, di rumah Dinasnya di jalan Denpasar, Jakarta, pada hari Minggu (12/7) mengatakan, tiga belas WNI peserta World Choir Championship 2009 tersebut positif terjangkit virus A H1N1 setelah tiga hari berada di Seoul, Korea Selatan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan, terdapat 283 orang dari 7 grup yang hingga kini harus menajalani proses karantina di Inje University dan Masan University. Sedangkan 83 orang lainnya dinyatakan sehat dari dugaan virus H1N1.

Saat ini ketiga belas WNI tersebut harus menjalani perawatan di rumah sakit khusus penderita virus A H1N1 di Korea Selatan.

Menteri Kesehatan Siti Fadilah, meminta kepada keluarga pasien di Tanah Air agar tetap bersabar hingga proses penyembuhan selesai.

“Pasien akan menjalani proses karantina hingga 5-7 hari kedepan, ini merupakan ketentuan internasional, bila pasien telah dinyatakan sehat barulah akan diperbolehkan pulang,” ucap Menkes.

Berdasarkan hasil pemeriksaaan laboratorium Korean Centers for Disease Control and Prevention (KCDC), dari peserta yang menjalani proses karantina, 13 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus influenza A H1N1.

Mereka terdiri dari 10 orang anggota Elfa Music School, 2 orang dari Gorontalo Inovasi Choir dan 1 orang dari Riau Female Choir. 

Hingga kini, pihak Departemen Kesehatan, Departemen Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Korea Selatan terus berkoordinasi mengenai kejadian tersebut.

Menkes juga menambahkan, bahwa seluruh pihak tersebut juga berkoordinasi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia agar mempersiapkan pesawat khusus untuk menerbangkan ke 83 WNI yang dinyatakan bebas virus A H1N1.

Rencananya pesawat Boeing 747 milik Garuda Indonesia ini akan membawa ke 83 WNI tersebut ke Indonesia pada tanggal 12 Juli 2009, pukul 10.00 waktu setempat dan direncanakan tiba di Denpasar, Bali, pada pukul 15.25 WITA.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33391

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :