Kepedulian Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak hanya pada macet, transportasi, banjir dan beberapa programnya untuk membenahi Jakarta. Tapi mantan Walikota Solo ini juga ingin masyarakat Jakarta sehat dan tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya yang disinyalir banyak ditemukan di bahan makanan dan minuman.

Untuk mensukseskan programnya tersebut Jokowi meminta kepada jajarannya untuk mendirikan pasar yang tidak menjual makanan dan minuman yang mengandung zat kimia berbahaya. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan sidak di pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Ia menginginkan pasar bebas kimia dan bahan-bahan yang dijual sehat untuk dikonsumsi.

Rencananya untuk tahap awal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun lima pasar bebas bahan kimia, sebagai percontohan pasar –pasar lain di Jakarta. Jokowi pun akan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk turut mengawasi.  “Nanti bersama dengan BPOM, kita akan membangun sebanyak lima pasar bebas bahan kimia di wilayah Ibu Kota. Dan lima pasar itu nantinya untuk percontohan,” papar Jokowi.

Di setiap pasar percontohan nantinya akan dikerahkan mobil-mobil laboratorium dan bisa langsung dilakukan pengecekan apakah minuman dan makanan itu mengandung zat kimia atau tidak. Dan nanti hasilnya akan dilaporkan kepada masyarakat. Dimana pasar percontohan yang akan dibangun, Jokowi masih belum mau membocorkan, ia hanya menghimbau agar masyarakat dapat membantu  terlaksananya program ini demi kesehatan bersama.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53831

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :