KabariNews – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meluncurkan laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk warga DKI yang ingin mengetahui kondisi Jakarta. Laman yang dinamai petajakarta.org ini dapat dimanfaatkan untuk informasi terkini mengenai banjir yang melanda Jakarta.

Petajakarta’org/banjir adalah platform open source berbasis komunitas untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang banjir dan infrastruktur air utama di Jakarta. Dalam laman ini berisikan peta banjir, peta aliran sungai, lokasi pintu air dan lokasi pompa air di seluruh wilayah Jakarta. Melalui laman ini, warga Jakarta dapat memantau atau menginformasikan kondisi banjir yang terjadi di seluruh Jakarta.

“Aplikasi ini untuk melengkapi upaya smart city kami karena saat ini Pemprov DKI sedang mendorong Jakarta menjadi smart city. Kami percaya Jakarta akan menjadi smart city pertama di Indonesia karena sebagian besar area telah dilalui fiber optik, 4G sudah akan mulai diluncurkan, dan Jakarta pun dilengkapi banyak CCTV,” kata Ahok pada peluncuran petajakarta.org di Balai Kota Jakarta Pusat, Selasa (2/12).

Laman petajakarta.org merupakan kemitraan penelitian antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan Twitter yang difasilitasi infrastruktur SMART dari Universitas Wollongong. Petajakarta.org juga didukung oleh koalisi masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dengan mengumpulkan, memilah dan menyajikan informasi terkait banjir untuk warga Jakarta saat kejadian. Untuk memberikan informasi lokasi banjir, warga Jakarta dapat memberi informasi melalui tweet @petajkt #banjir.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73266

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Kabaristore150x100-2   Hosana