Untuk lebih mempromosikan potensi Jakarta, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempersiapkan sebuah kejutan yaitu menggelar kegiatan bertaraf internasional. Untuk pertama kalinya di indonesia, Jakarta akan menggelar Jakarta Maraton yang akan diikuti oleh lebih dari 10 ribu perserta dari 20 negara. Dan untuk persiapannya, sebanyak seribu undangan telah disebarkan Pemerintah Jakarta untuk memeriahkan acara yang rencananya akan digelar pada Oktober 2013 mendatang.

Maraton merupakan salah satu olahraga populer. Sehingga diharapkan program ini bisa lebih mengenalkan kembali Jakarta kepada dunia. Di negara lain kegiatan maraton memang sudah biasa digelar, seperti New York Maraton, Paris Maraton, Tokyo Maraton, dan kini giliran Jakarta akan mencoba menjadikan program maraton sebagai program tahunan. Rencananya Jakarta Maraton akan dikemas berbeda dengan ajang maraton di negara-negara yang pernah menggelar, pasalnya Jakarta Maraton akan dirancang secara khusus dengan menampilkan berbagai festival budaya seluruh indonesia.

Tahun ini Jakarta akan memperingati hari jadi ke 486 tahun, itulah alasan kenapa Jakarta dianggap layak sebagai kota penyelenggara kegiatan bertaraf internasional itu, sekaligus banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di Ibukota.

Rencana sementara, rute yang akan dilalui perserta lomba maraton sepanjang 42 kilometer, dimulai dari kawasan Pluit hingga kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Selain itu, akan diadakan juga half maraton dan lomba lari 10K bagi palari amatir. Untuk mendukung acara berjalan lancar, rencananya jalan sepanjang Pluit-GBK akan ditutup  sementara selama 8-12 jam.

Kerjasama sponsor dan pemerintah menyiapkan hadiah sebesar Rp 4 miliar. Kegiatan ini terbuka untuk umum, siapapun boleh ikut serta, baik yang profesional maupun amatir.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52718

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :