Jakarta, KabariNews.com – Hasil perhitungan cepat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan lembaga-lembaga survei , serta hasil sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga kini tetap menunjukan keunggulan pasangan SBY-Boediono.

Kemenangan pasangan tersebut mendapat respon dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dengan mengucapkan selamat atas berjalannya pemilu yang damai dan aman, serta atas kemenangan pasangan SBY-Boediono.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Presiden AS tersebut mengucapkan selamat atas jalannya roda demokrasi di Indonesia, serta berharap agar kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan.

Berikut ini isi siaran pers yang diterima redaksi KabariNews.com:

Pernyataan Presiden Obama Menyusul Terpilihnya Kembali Presiden Indonesia Yudhoyono

Washington, 14 Juli – Rakyat Indonesia baru saja menggelar pemilu presiden yang bebas dan adil pada tanggal 8 Juli yang lalu dan Presiden Yudhoyono secara mengesankan telah memenangkan kembali pemilu ini.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Yudhoyono dan menegaskan kembali keinginan Amerika untuk bekerja sama dengan beliau dan rakyat Indonesia pada tahun-tahun mendatang untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara kedua negara kita.

Tingginya tingkat partisipasi pemilih, kampanye yang penuh semangat oleh seluruh peserta, dan tingginya atensi yang diberikan media, organisasi kemasyarakatan maupun para pemilih di Indonesia merupakan bukti kekuatan dan dinamisme demokrasi di Indonesia dalam usianya yang masih belia.

Sejak beberapa tahun yang lalu, Indonesia memainkan peran yang semakin besar di kancah internasional, dan kami menyambut baik hal ini. Indonesia telah memberikan kontribusi penting di Asia dan dunia dalam berbagai bidang, seperti pemeliharaan perdamaian, pelestarian dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, pengembangan sejumlah organisasi multilateral di kawasan Asia Pasifik, serta penguatan demokrasi dan masyarakat sipil, dan bidang-bidang lainnya.

Hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia berlandaskan pada kepentingan dan nilai-nilai bersama yang meliputi toleransi, penghormatan pada hak asasi manusia dan keragaman, serta peningkatan pembangunan ekonomi.

Saya dan Presiden Yudhoyono berkomitmen untuk bekerja sama mengembangkan kemitraan yang komprehensif yang dibangun di atas nilai-nilai dan kepentingan bersama tersebut, serta aspirasi bersama.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33404

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :