Hari Kamis (09/07) telah resmi diluncurkan uang kertas pecahan 2000 rupiah oleh Pejabat Sementara Gubernur (Pjs.) Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom. Peluncuran resmi uang ini dibuka di Banjarmasin, kota asal Pahlawan Nasional, Pangeran Antasari, yang menjadi model dalam pecahan uang 2.000.

Uang pecahan baru tersebut bergambar Pangeran Antasari (Pahlawan Nasional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan) dengan gambar bagian belakang Tarian Adat Dayak. Pecahan uang tersebut akan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah mulai tanggal 10 Juli 2009.

Dikutip dari siaran pers BI, Pemilihan gambar pada uang tersebut mengacu kepada desain uang kertas sebelumnya yang bertemakan Pahlawan Nasional. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para pahlawan dan untuk turut serta melestarikan budaya bangsa. Dipilihlah Pangeran Antasari sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

“Penerbitan uang kertas emisi baru tersebut merupakan implementasi kebijakan Bank Indonesia di bidang pengedaran uang yaitu untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar”, demikian penjelasan Pjs. Gubernur Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, dalam sambutannya.

Berikut adalah gambar dari pecahan uang Rp 2000 yang baru.

2000front

2000belakang

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33377

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket