jakmar 2013

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Provinsi DKI bekerjasama dengan promotor Inspiro siap menggelar Mandiri Jakarta Marathon (JakMar) 2013. Acara bertajuk ‘Festival City Marathon’ itu akan berlangsung di Monas pada 27 Oktober 2013 mendatang.  Dengan terselenggaranya event marathon internasional JakMar 2013 akan menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourism dunia.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Dr. Sapta Nirwandar yang juga merupakan inisiator Jakarta Marathon mengatakan, sejak dibuka secara resmi pendaftaran JakMar 2013 di Sport & Running Expo Paris Marathon, Perancis pada 4 April 2013 lalu,  tercatat sudah ada 750 pendaftar dari 38  negara di antaranya para pelari elit dunia antara lain dari United Kingdom, Kenya, Ethiopia, Jepang, Australia dan Perancis. Mereka  bakal ikut berlomba di event bergengsi Mandiri Jakarta Marathon 2013 yang berhadiah total senilai 2,5 miliar rupiah.

“Jakarta Marathon 2013 menjadi perhatian para pelari dunia. Hingga saat ini sudah ada 5.500 pelari yang mendaftar,” kata Sapta Nirwandar selaku Ketua Panitia Jakarta Marathon (JakMar) dalam jumpa pers.

rute jakmar 2013

Dalam jumpa pers yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), Menpora Roy Suryo,  dan  Menparekraf Mari Elka Pangestu, Sapta Nirwandar menjelaskan lebih jauh peran International Association of Athletics Federations (IAAF) sebagai induk olahraga Atletik dunia, Amaury Sport Organisation (ASO) yang merupakan konsultan Perancis penyelenggara Tour de France, Paris Marathon, Dakkar Rally, dan sebagainya. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), dan Inspiro dengan dukungan Kemenparekraf, Pemprov DKI Jakarta serta Kepolisian RI pada 13 Juni 2013 yang lalu telah melakukan kalibrasi rute lomba Jakarta Marathon sejauh 42,195 km dan half-marathon berjarak 21 km. Kalibrasi rute tersebut meliputi penilaian jarak tempuh, tingkat elevasi rute dan patokan jarak rute dengan menggunakan paku khusus berlabel Jakarta Marathon.

“Berdasarkan hasil kalibrasi tersebut,  pada 19 Juni 2013 IAAF secara resmi menerbitkan sertifikasi rute Jakarta Marathon 2013 dengan nilai grade A dan tingkat elevasi rute 0 m/km. Sertifikasi ini berlaku hingga 5 tahun mendatang,” kata Sapta.

Mari Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan “Event Jakarta Marathon merupakan bagian dari program 7 Wisata Minat Khusus, yaitu wisata olahraga dan rekreasi yang saat ini sedang digiatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Perkembangan event olahraga yang dikombinasikan dengan wisata atau “Sport Tourism”  berkembang pesat dibeberapa daerah seperti Tour de Singkarak, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Bali Marathon, dan sebagainya. Melalui event-event tersebut cukup efektif untuk turut mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara dimana sampai dengan bulan Juli 2013 terjadi peningkatan sebesar 6,44 persen atau sebesar  4.872.262 kunjungan wisatawan dari tahun lalu diperiode yang sama”.

Rute Jakarta Marathon 2013 sepanjang 42,195 km dirancang sedemikian rupa sehingga para peserta lomba akan dibawa berwisata menikmati keindahan kota Jakarta dengan menyusuri sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah, bangunan dan museum bersejarah, serta deretan kemegahan bangunan Jakarta masa kini.

Dalam ajang Mandiri Jakarta Marathon 2013 dilombakan lima nomor lari yakni; Full Marathon 42,195 km, Half Marathon 21 km, 10K (10 km), 5K (5 km), dan Marathoonz (Children’s Sprint) 1,3 km. Keterangan lengkap mengenai pendaftaran dan rute Jakarta Marathon 2013 bisa lihat di http://www.thejakartamarathon.com

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59218

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan